Benar, Foto Menara Jam Makkah di Arab Saudi Tersambar Petir

Dipublikasikan pada : 28 Aug 2023, Dibaca : 3 Kali

Ringkasan

Puncak Menara Jam Makkah memiliki 800 batang penangkal petir dan 200 konduktor. Perlengkapan itu berfungsi melindungi benda-benda di sekitarnya dari sambaran petir.

Benar, Foto Menara Jam Makkah di Arab Saudi Tersambar Petir

Sebuah foto yang memperlihatkan Menara Jam Makkah tersambar petir beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp. Klaim yang disertakan menyatakan peristiwa itu terjadi di Kota Makkah, Arab Saudi.

Sambaran petir berwarna keunguan bercabang-cabang dan berakhir di satu titik, di puncak gedung menara jam tersebut.

Tempo menerima permintaan pembaca untuk menelusuri kebenaran klaim tersebut. Benarkan narasi yang disertakan?

PEMERIKSAAN FAKTA

Tempo memverifikasi narasi itu dengan menelusuri informasi dari sumber-sumber kredibel. Ditemukan keterangan bahwa foto tersebut memang petir yang menyambar Menara Jam Makkah, Arab Saudi.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa malam, 22 Agustus 2023. Dilansir Tempo, Menara Jam Makkah berada di kompleks gedung pencakar langit Abraj al-Bait, yang berada di depan Masjidil Haram. Menara yang selesai dibangun tahun 2012 itu sampai puncaknya memiliki ketinggian 1.972 kaki atau 601 meter.

Puncak menara tersebut dilaporkan tersambar petir pada Selasa malam, 22 Agustus 2023. Garis sambaran petir terlihat tebal dan berlangsung sekitar 4 detik hingga menerangi langit.

Sejumlah website asal Arab Saudi dan India mengatakan petir hanya menyambar puncak Menara Jam Makkah karena di sana terdapat penangkal petir. Di antaranya Lifeinsaudiarabia.net dan Lifeofarabs.com

Puncak Menara Jam Makkah memiliki 800 batang penangkal petir dan 200 konduktor. Keterangan yang sama ditemukan di website perusahaan kontraktor bangunan Arab Saudi, SL Rasch

Dilansir Kompas.com, penangkal petir terdiri dari kepala, saluran konduktor dan grounding. Ketika perangkat tersebut tersambar petir, aliran listrik akan dikirimkan ke tanah sehingga tidak terkena atau merusak benda-benda lain di sekitarnya.

Untuk penangkal petir pada rumah, juga bisa memanfaatkan pohon tinggi yang jaraknya sekitar 2 meter dari rumah. Petir yang menyambar bisa mengarah ke pohon dan tidak langsung membakar rumah.

Verifikasi Foto

Foto yang beredar memperlihatkan petir menyambar puncak sebuah menara jam. Foto tersebut merupakan peristiwa yang terjadi pada Menara Jam Makkah, saat terjadi badai pada Selasa malam, 22 Agustus 2023, sebagaimana diberitakan CNBC Indonesia.

KESIMPULAN

Berdasarkan verifikasi Tempo, klaim bahwa foto petir menyambar Menara Jam Makkah adalah benar terjadi di Kota Makkah, Arab Saudi. Peristiwa itu terjadi pada hari Selasa, 22 Agustus 2023.

Puncak Menara Jam Makkah memiliki 800 batang penangkal petir dan 200 konduktor. Perlengkapan itu berfungsi melindungi benda-benda di sekitarnya dari sambaran petir.

TIM CEK FAKTA TEMPO

**Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id