Keliru, Video Berisi Narasi Mahfud MD Dicopot Sebagai Menteri Pada 1 November 2023

Dipublikasikan pada : 11 Nov 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Potongan gambar Mahfud MD yang ditampilkan pada awal video tersebut konteksnya berbeda dengan klaim pembuat konten, yang menyatakan Mahfud MD dicopot sebagai menteri. Gambar itu hasil penggabungan dari aktivitas dan waktu berbeda. Hingga artikel ini diturunkan, tidak ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo, yang menyebutkan Mahfud MD dicopot dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 1 November 2023. Bahkan, Mahfud MD, masih mengisi acara sebagai Menkopolhukam di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November 2023.

Keliru, Video Berisi Narasi Mahfud MD Dicopot Sebagai Menteri Pada 1 November 2023

Sebuah akun Facebook [Arsip] membagikan video berjudul “Dicopot dari Menkopolhukam karir Mahfud MD berakhir tragis”. Dalam konten itu, Mahfud mengenakan baju putih dengan latar beberapa pejabat yang sedang melakukan seremoni penandatangan.

Selain Mahfud, ditampilkan juga beberapa pengamat politik termasuk Ray Rangkuti, kemudian Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, dan juga Ganjar Pranowo.

Sejak disebarkan pada Rabu 1 November 2023, video ini disukai 1,1 ribuan pengguna Facebook, 502 komentar dan 87 ribu kali ditonton. Namun, benarkah Mahfud MD dicopot sebagai menteri pada 1 November 2023?

PEMERIKSAAN FAKTA

Verifikasi Tempo menunjukkan, potongan gambar Mahfud MD yang ditampilkan pada awal video itu konteksnya berbeda dengan klaim pembuat konten, yang menyatakan Mahfud MD dicopot sebagai menteri. Gambar itu adalah hasil penggabungan dari aktivitas dan waktu berbeda.

Hingga artikel ini diturunkan, Mahfud MD masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 1 November 2023.

Bahkan, Mahfud MD masih menghadiri kegiatan di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan pada Kamis, 9 November 2023 seperti yang diberitakan Tempo. Di acara itu dia mengatakan situasi perpecahan dan permusuhan selalu menjadi isu menjelang pemilu.

Untuk memverifikasi kebenaran klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo memfragmentasi video itu menjadi gambar dan menelusurinya menggunakan Google Reverse Image dan Yandex.

Gambar 1

Pada awal video, terlihat gambar Mahfud MD mengenakan baju putih dan seorang pejabat sedang menandatangani sebuah berkas.  Penelusuran Tempo, gambar Mahfud MD melambaikan tangan saat dia berjalan untuk memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. Gambar yang sama sebelumnya sudah dipublikasikan di media online, seperti ANTARA dengan judul “Mahfud MD bersedia jadi menteri pemerintahan Jokowi jilid II”.

Kemudian, foto pejabat yang menandatangani dokumen, juga tidak terkait dengan klaim pencopotan Mahfud MD. Dikutip dari website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, foto itu adalah proses penandatanganan berita acara pelantikan Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di Istana Negara, Senin, 26 Januari 2015.

Kolase video Mahfud MD berulang kali diputar dalam unggahan itu, namun konteksnya tidak berkaitan, termasuk ketika dia memberikan keterangan terkait penetapan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Gambar 2

Video menit ke-01:18, terlihat pengamat politik Ray Rangkuti sedang berbicara mengenai Mahfud MD, namun bukan soal pencopotan. Melainkan tentang Mahfud MD yang disebut bakal menjadi bakal calon wakil Presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Perbincangan ini ditayangkan di channel YouTube Kompas TV pada 18 Oktober 2023 dengan judul “Inisial M Bakal Cawapres Ganjar, Pengamat: 99 Persen Mengerucut ke Mahfud MD”. Direktur Lingkar Madani Indonesia ini juga bicara soal Mahfud, yang dikenal di kalangan Nahdlatul Ulama.

Gambar 3

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Hasto Kristiyanto, muncul ada menit ke-01:50 sedang berpidato. Konteks video ini juga tidak berkaitan dengan klaim pencopotan Mahfud MD.

Faktanya, Hasto berbicara di Hall Basket Senayan, Jakarta, Minggu, 4 Juni 2023, mengenai penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024, yang dipublikasikan TVOne berjudul “Hasto Bongkar Alasan PDIP Tetapkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024”.

Gambar 4

Kolase video selanjutnya menampilkan Ganjar Pranowo. Dikutip dari Okezone.com, Ganjar menghadiri acara IDEAFEST 2023 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 September 2023. Di acara itu, dia mengaku optimistis, bahwa talenta Indonesia akan membawa perubahan besar di Indonesia. Jadi, konteks ini berbeda dengan narasi yang disampaikan pembuat konten, soal pencopotan Mahfud MD sebagai menteri pada 1 November 2023.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta, video berisi narasi Mahfud MD dicopot sebagai menteri pada 1 November 2023, adalah keliru.

Potongan gambar Mahfud MD yang ditampilkan pada awal video tersebut konteksnya berbeda dengan klaim pembuat konten, yang menyatakan Mahfud MD dicopot sebagai menteri. Gambar itu hasil penggabungan dari aktivitas dan waktu berbeda.

Hingga artikel ini diturunkan, tidak ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo, yang menyebutkan Mahfud MD dicopot dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 1 November 2023.

Bahkan, Mahfud MD, masih mengisi acara sebagai Menkopolhukam di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November 2023.

TIM CEK FAKTA TEMPO

** Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id