Menyesatkan, Klaim Pernyataan Lionel Messi Batal ke Indonesia karena Bukan Levelnya

Dipublikasikan pada : 19 Jun 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Pelatih Timnas Argentina mengatakan, Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi tidak ikut dalam pertandingan melawan Indonesia karena membutuhkan istirahat setelah melalui kompetisi yang panjang di klub dan Tim Nasional.

Menyesatkan, Klaim Pernyataan Lionel Messi Batal ke Indonesia karena Bukan Levelnya

Sebuah akun di Facebook memuat foto dan narasi bahwa Lionel Messi Batal ke Indonesia karena Indonesia bukan levelnya. Narasi ditulis dalam bentuk percakapan antara Wartawan TyC Sports Argentina, Gaston Edul dengan Lionel Messi sebagai berikut:

Gaston Edul: "Mengapa Anda tidak ikut terbang ke Indonesia?

Messi: "Indonesia bukan level saya, liburan dengan keluarga lebih penting dan lebih layak."

Diunggah tanggal 15 Juni 2023, unggahan tersebut telah dibagikan 599 kali, 12 ribu komentar dan disukai 31 ribu pengguna Facebook. 

Benarkah Messi tidak datang karena Indonesia bukan levelnya dan lebih penting keluarga dan liburan? Berikut pemeriksaan faktanya.

PEMERIKSAAN FAKTA

Absennya Lionel Messi untuk bertanding melawan Indonesia, pertama kali diungkapkan oleh Gaston Edul, jurnalis olahraga asal Argentina. Melalui akun twitternya, @gastonedul, pada tanggal 13 juni 2023, mengunggah video yang mengabarkan bahwa Lionel Messi tidak ikut bersama timnya ke Indonesia.

Dikutip dari situs Bola.com, Edul menegaskan, Messi butuh istirahat selepas laga Argentina vs Australia di China. Keliru jika orang Indonesia mengira La Pulga enggan menghadapi Skuad Merah Putih yang secara ranking FIFA jauh di bawah.

"Lionel Messi tidak datang ke sini karena dia ingin beristirahat. Dia memiliki musim sepak bola yang panjang, jadi dia memang layak untuk mendapatkan waktu istirahat," kata Edul lagi.

"Bukan dia enggak mau ke Indonesia. Dia suka Indonesia. Tapi memang karena kalender sepak bola yang padat setahun ini."

"Jadi sebenarnya bukan karena lawannya Indonesia kemudian Messi tidak mau datang, tetapi lebih kepada waktu. Kalau saja lawan pertama Argentina adalah Timnas Indonesia, Messi pasti bertanding."

Pada 16 Juni 2023, Tempo.co menurunkan laporan, bahwa menurut Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, ketidakhadiran Messi tersebut merupakan keputusannya, bukan permintaan sang pemain.

"Adil rasanya jika memberikan mereka istirahat, bepergian dengan keluarga masing-masing, dan mereka pantas mendapatkannya lebih dari siapa pun. Secara logis, semua orang ingin pulang, tapi tak ada yang mengajukannya kepada saya, jadi itu berarti mereka baik-baik saja di sini," kata dia.

Timnas Indonesia bertanding melawan Argentina dalam FIFA Matchday pada Senin, 19 Juni 2023. Ini merupakan bagian dari tur Asia yang dilakukan anak asuh Scaloni. Dilansir laman AFA, Asosiasi Sepak Bola Argentina, sebelumnya, pada tanggal 15 Juni 2023,  Argentina bertanding melawan Australia di Workers Stadium, Beijing.  Argentina menang dengan skor 2-0. Salah satu gol dicetak Messi dari titik penalti.

Namun setelah bertanding melawan Australia, seperti dilansir Goal.com, Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi tidak ikut bersama tim ke Jakarta. Ketiganya  terpantau berada di Barcelona, dan dipastikan absen melawan Indonesia. 

Dalam sesi Pre-Match Press Conference Indonesia Vs Argentina, Lionel Scaloni, pelatih Argentina, memaklumi kesedihan fans di Indonesia dengan tidak hadirnya Messi.

“Saya sudah memutuskan sebelumnya bahwa Leo, Di María dan Otamendi harus beristirahat setelah musim yang sangat panjang" katanya.

Ia menegaskan, Timnas Argentina lebih besar dari nama pemain mana pun. “Walaupun, Leo tidak ada, tetapi yang lain ada. Kami berharap mereka, para penggemar akan menikmatinya.” kata Scaloni.

Dilansir TYC Sports, La Pulga, julukan Lionel Messi, saat ini  berada di Rosario, Barcelona, bersama dengan rekan setimnya Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi. Ini dibuktikan dengan foto bersama mereka yang diunggah Nicolas Otamendi di Instagram.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tim Cek Fakta Tempo, unggahan dengan narasi “Messi tidak datang ke Indonesia karena bukan levelnya” adalah menyesatkan.

Pelatih Timnas Argentina mengatakan, Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi tidak ikut dalam pertandingan melawan Indonesia karena membutuhkan istirahat setelah melalui kompetisi yang panjang di klub dan Tim Nasional.

TIM CEK FAKTA TEMPO

**Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id