Menyesatkan, Komedian Pingsan Karena Bercerita tentang Vaksin Covid-19 dan Menyebut Yesus

Dipublikasikan pada : 29 Jul 2023, Dibaca : 3 Kali

Ringkasan

Dalam line komedi, Heather mengatakan pernah bepergian ke Meksiko dan tidak terkena Covid-19. Ia mengatakan, “Yang jelas, Yesus sangat mengasihi saya. Sungguh. Sangat baik, sangat baik” dan mengaku sudah mendapatkan dua kali vaksin dan booster.

Menyesatkan, Komedian Pingsan Karena Bercerita tentang Vaksin Covid-19 dan Menyebut Yesus

Sebuah akun Facebook mengunggah video berisi klaim tentang seorang komedian yang jatuh dan tidak sadarkan diri setelah berkisah tentang pengalamannya mendapatkan vaksin Covid-19 dan menyebutkan Tuhan Yesus.

Komedian tersebut bercerita, “Saya tidak bermaksud menyombongkan diri dan saya tidak peduli tapi saya ingin Anda tahu saya sudah divaksin flu booster dua kali dan saya akan jujur bahwa saya juga sudah disuntik flu dan saya masih mendapat haid. Bepergian ke Meksiko dua kali, melakukan pertunjukan, bertemu dan menyapa, tidak pernah tertular COVID-19. Yang jelas, Yesus sangat mengasihi saya. Sungguh. Sangat baik, sangat baik.”

Sejak diunggah pada 18 Juli 2023, video ini telah dibagikan sebanyak 379 kali oleh pengguna Facebook. Benarkah orang dalam video ini jatuh setelah bercerita tentang vaksin Covid-19 dan mengolok-olok Yesus? Berikut pemeriksaan faktanya.

PEMERIKSAAN FAKTA

Untuk memverifikasi klaim tersebut Tim Cek Fakta Tempo menelusuri sumber asli dan membandingkan klaim tersebut di atas dengan pemberitaan media-media kredibel. 

Video tersebut berdasarkan penelusuran Tempo, identik dengan yang diunggah kanal YouTube Juicy Scoop™ w Heather McDonald tanggal 10 Februari 2022.

Orang dalam video ini adalah Heather McDonald, berusia 52 tahun, seorang stand-up comedian. Video ini direkam pada tanggal 2 mei 2022 saat ia tampil di Temple Improv Comedy  Theater, Arizona, Amerika Serikat. Setelah berada di atas panggung selama 3 menit, ia terjatuh dan tidak sadarkan diri.

Dalam cuplikan video tersebut, Heather mengatakan, “Saya tidak bermaksud menyombongkan diri dan saya tidak peduli tapi saya ingin Anda tahu saya sudah divaksin flu booster dua kali dan saya akan jujur bahwa saya juga sudah disuntik flu dan saya masih mendapat haid, apa ya... Bepergian ke Meksiko dua kali, melakukan pertunjukan, bertemu dan menyapa, tidak pernah tertular Covid-19. Yang jelas, Yesus sangat mengasihi saya. Sungguh. Sangat baik, sangat baik.”

Ia terjatuh saat penonton memberikan tepuk tangan. Namun selang beberapa waktu kemudian, beberapa orang naik ke panggung dan memberikan pertolongan.

Dilansir 12 News, setelah dibawa ke St Joseph, ia dirawat karena mengalami retak tulang tengkorak dan gegar otak.  

Pada laman Facebook pribadinya, Heather megatakan  bahwa ia tidak mengkonsumsi alkohol sebelum atau selama pertunjukan. Hasil tes menunjukkan tidak ada masalah medis yang mendasari dan yang mungkin memicu kejadian ini.

Dilansir TMZ, Heather mengatakan bahwa ia  merasa agak pusing ketika berada di atas panggung dan kemudian pingsan. Menurutnya, hal ini tidak pernah terjadi padanya sebelumnya.

Dalam keterangan video yang  diunggah di YouTube, Heather menulis “Saya sedang dalam masa pemulihan di rumah dan mengalami retak tengkorak. Terima kasih atas doa dan harapan Anda!"

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, Tim Cek Fakta Tempo menyimpulkan video yang memuat klaim seorang komedian jatuh tak sadarkan diri setelah yang menceritakan pengalamannya mendapatkan vaksin Covid-19 dan menyebut tentang Yesus, adalah menyesatkan.

Dalam line komedi, Heather mengatakan pernah bepergian ke Meksiko dan tidak terkena Covid-19. Ia mengatakan, “Yang jelas, Yesus sangat mengasihi saya. Sungguh. Sangat baik, sangat baik” dan mengaku sudah mendapatkan dua kali vaksin dan booster.

TIM CEK FAKTA TEMPO

**Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id