Menyesatkan, Permukaan Laut di Nigeria Terbakar Secara Misterius

Dipublikasikan pada : 25 Sep 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Api yang berkobar di atas permukaan laut itu terjadi di Pantai Ilashe, Badagry, Nigeria pada 24 Mei 2021. Api berasal pipa minyak yang meledak tidak jauh dari pantai tersebut.

Menyesatkan, Permukaan Laut di Nigeria Terbakar Secara Misterius

Sebuah video yang memperlihatkan kobaran api di atas permukaan laut Nigeria beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan dengan narasi bahwa laut di Nigeria terbakar secara misterius.

Video itu diunggah salah satu pengguna Facebook ini [arsip] ada 20 September 2023. Akun inipun menuliskan narasi: "Di Nigeria, tiba-tiba lautnya terbakar, membuat dunia gempar. Kalau menurut akal itu tidak mungkin, tapi menurut Allah tidak ada yang mustahil atau tidak mungkin kalau Allah sudah berkehendak".

Sejak diunggah, video tersebut telah disaksikan sebanyak 540 kali dan mendapat 693 komentar. Apa benar permukaan laut di Nigeria terbakar secara misterius?

PEMERIKSAAN FAKTA

Untuk memverifikasi klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo memfragmentasi video tersebut. Selanjutnya dilakukan penelusuran di internet dengan menggunakan reverse image Google dan Yandex. Hasilnya, kebakaran terjadi di Pantai Ilashe, Badagry, Nigeria pada 24 Mei 2021. Api berasal dari pipa minyak yang meledak tidak jauh dari pantai tersebut.

Video yang identik dengan kualitas gambar yang lebih baik diunggah ke YouTube oleh kanal KIKIGIST Video pada 26 Mei 2021 dengan judul, "Fire Burning on Water In Badagry As Pipeline Explode".

"Ini bukan Ajah, melainkan Pantai Badagry. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda akan mendengar orang Egun berbicara. Tidak ada yang misterius tentang hal ini, ini adalah jalur pipa yang rusak dan aliran minyak mentah yang terus menerus yang menyebabkan api menyala di atas air," bunyi keterangan video.

Di Nigeria, video tersebut juga ramai di media sosial dan mendapat tangapan beragam dari netizen. Tidak sedikit yang menghubungkan peristiwa itu dengan mitos dan kepercayaan agama.

"Banyak yang bertanya-tanya apakah ini adalah momen lain dari "Tuhan yang marah kepada Nigeria karena dosa-dosa kita". Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada tumpahan minyak di pantai yang menyebabkan kebakaran tersebut," dikutip dari Thenationonlineng.net.

Menurut kantor berita AFP, video yang sama juga dibagikan dalam unggahan Facebook berbahasa Prancis dengan klaim bahwa video tersebut menunjukkan gunung berapi bawah laut di Kamerun.

Wartawan dan pembuat film Nigeria, Bulus Blessing, mengatakan kepada AFP Fact Check bahwa sebuah pipa baru-baru ini meledak di dekat Badagry, sebuah kota pesisir yang terletak sekitar 50 kilometer di sebelah barat Pantai Ilashe.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, video dengan klaim permukaan laut di Nigeria terbakar secara misterius adalah menyesatkan

Api yang berkobar di atas permukaan laut itu terjadi di Pantai Ilashe, Badagry, Nigeria pada 24 Mei 2021. Api berasal pipa minyak yang meledak tidak jauh dari pantai tersebut.

TIM CEK FAKTA TEMPO

**Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id