Menyesatkan, Video Pidato Megawati yang Dipotong dan Disebut Anti Pancasila

Dipublikasikan pada : 26 Jun 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

KESIMPULAN Hasil pemeriksaan fakta Tempo, potong video pidato ketua umum PDI Perjuangan Megawati merupakan pidato anti pancasila adalah keliru. Video tersebut diketahui merupakan potongan video Megawati saat saat membuka kongres V PDI Perjuangan di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali, pada 8-11 Agustus 2019. Potongan video itu adalah potongan video pada durasi 23:11-23:27 menit. Pada video lengkap, Megawati justru sedang memberikan pidato yang mengingatkan bahwa kemerdekaan itu tidak mudah didapat, sehingga tidak diperbolehkan menyia-nyiakan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Termasuk jangan mencoba untuk merombak dan mengganti Pancasila. TIM CEKFAKTA TEMPO

Menyesatkan, Video Pidato Megawati yang Dipotong dan Disebut Anti Pancasila

Video berdurasi 19 detik berisi pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati beredar di Facebook pada 19 Mei 2023. Isi pidato tersebut kemudian disebut sebagai pidato anti-Pancasila, seperti pada teks yang tertulis mengelilingi tampilan video.  

Megawati dalam potongan video itu mengatakah, “Dengan perkembangan ilmu baru, Pancasila sudah tidak cocok dan tidak ada artinya, serta perlu rombak. Harus dirikan yang lain sifatnya.

[Cek Fakta] Tangkapan layar Video Pidato Megawati yang Dipotong dan Disebut AntiPancasila  

Benarkah video yang dibagikan tersebut adalah saat Ketua umum PDIP Megawati mengucapkan anti-Pancasila dan anti-agama? 

PEMERIKSAAN FAKTA

Untuk membuktikan klaim diatas, cekfakta Tempo mula-mula menelusuri video yang dibagikan dengan memfragmetasi video menjadi gambar menggunakan tools InvID. Gambar hasil fragmentasi lalu ditelusuri dengan Yandex Image dan Google Image. 

Hasilnya potongan video yang dibagikan tersebut merupakan potong video pidato ketua umum PDI Perjuangan Megawati saat membuka kongres V PDI Perjuangan di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali, pada 8-11 Agustus 2019. 

Video pendek yang beredar itu adalah potongan pidato pada durasi menit ke 23:11 hingg 23:27 menit. Video utuhnya ditayangkan di kanal Youtube Metro TV pada 08 Agustus 2019. Pemotongan video pada menit tersebut, membuat konteks isi pidato Megawati menjadi hilang. Padahal pidato Megawati pada bagian tersebut adalah agar generasi saat ini menghargai kemerdekaan dengan tidak lagi mempertanyakan Pancasila. 

Sebelum menyebut tentang Pancasila, Megawati mendahuluinya tentang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia:

“Jadi kita jangan mensia-siakan yang telah diperjuangkan oleh mereka para pejuang pada pahlawan. Indonesia banyak pahlawan. Saya sudah dunia sudah saya kunjungi, baik sebagai orang biasa, anggota DPR, Wapres dan presiden, setiap saya resmi diundang saya selalu memasukan saya harus pergi ke taman pahlawan ke negara tersebut. gunanya apa. Saya ingin menghormati pahlawan mereka. Indonesia ini banyak. TMP artinya mereka rakyat yang tidak bernama. Rakyat yang tahu arti kemerdekaan.”

Lalu pada bagian teks yang ditebalkan di bawah inilah, video tersebut dipotong sehingga seolah-olah Megawati anti-Pancasila:

“Jadi jangan setelah menikmati kemerdekaan, lalu kita mencoba-coba dengan ilmu baru, itu tidak cocok. Pancasila itu apa. Tidak ada artinya. Kita harus rombak. kita harus dirikan yang lain sifanya. Mari kalau mau seperti itu, saya berkata jangan main di jalanan hanya menyengsarakan rakyat. Datang ke DPR. Kita bicara. Dari mereka mengaku tapi tinggal pertiwi di indonesia, apakah mereka . mari kita bicara. bagi saya sudah tidak ada pembicaraan. Apakah tidak tergugah hati mereka. Mereka menghirup udara di negara republik indonesia.”

Berikut ini adalah salinan isi pidato lengkap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat membuka kongres V PDI Perjuangan : 

Yang saya hormati,

Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019, Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Jusuf KallaPresiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2019-2024, Bapak Joko Widodo dan Bapak Kyai Haji Ma'ruf AminKabinet Indonesia KerjaSenior Partai yang menjadi saksi perjuangan PDI PerjuanganPara Ketua Umum PartaiTim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf AminTamu undangan dan rekan-rekan mediaSaudara-saudara utusan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang saya banggakanKader-kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di pelosok negeri yang saya banggakan dan cintaiSaudara-saudaraku se-Bangsa dan se- Tanah air

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat bertemu kembali di Pulau Dewata, tempat spirit keberagaman dan tradisi tetap terjaga. Selamat datang seluruhnya terutama kader-kader partai, utusan resmi Kongres V PDI Perjuangan, yang kali ini bertema “Solid Bergerak untuk Indonesia Raya”.

Sebelum saya menyampaikan pidato politik, ijinkan saya sampaikan belasungkawa mendalam atas wafatnya ulama sederhana, yang sepanjang hidupnya mengabdikan diri untuk mensiarkan Islam sebagai rahmat semesta alam, Islam yang mengalun indah dalam harmoni keberagaman Indonesia. Selamat jalan Mbah Moen, Kyai Haji Maimoen Zubair, doa kami menghantar ke haribaanNya.

Saudara-saudara,

Dari kajian dari Pusat Analisis dan Pengendali Situasi Partai, PDI Perjuangan memperlihatkan satu fenomena disintegrasi yang muncul secara sistematis pada Pemilu 2019. Fenomena tersebut hampir saja mengoyak persatuan dan kesatuan bangsa. Bagi PDI Perjuangan hal ini merupakan suatu isu serius yang tidak boleh diabaikan. Partai memiliki kesadaran penuh, bahwa hanya persatuan dan kesatuan adalah syarat mutlak bagi suatu bangsa.

Tidak ada satupun kebaikan yang dapat dicapai oleh bangsa ini, jika terjadi perpecahan, jika terjadi “perang saudara”. Atas pertimbangan tersebut, maka Kongres Partai diputuskan untuk dipercepat. Sikap politik Partai, langkah dan strategi Partai, terutama menyangkut upaya mencegah terjadinya disintegrasi bangsa, harus diputuskan di dalam rapat tertinggi partai, yang dinamakan Kongres Partai.

Saudara-saudara sekalian,

Saya secara pribadi pun melakukan perenungan yang dalam atas fenomena disintegrasi pada Pemilu 2019. Saya teringat pesan Bung Karno dalam amanatnya pada tanggal 17 Agustus 1954, menjelang Pemilu Pertama 1955, yaitu 

“Dan, sebagai sudah kukatakan berulang- ulang, janganlah pemilihan umum ini nanti menjadi arena pertempuran politik sedemikian rupa, sehingga membahayakan keutuhan bangsa. Gejala-gejala akan timbulnya pertajaman pertentangan-pertentangan antara kita, antara sesama kita telah ada, gejala-gejala akan karamnya semangat toleransi sudah muncul. Ai, tidakkah orang sadar, bahwa tanpa toleransi maka demokrasi akan karam, oleh karena demokrasi itu sendiri adalah penjelmaan daripada toleransi.”

Kader-kader PDI Perjuangan,

Resapi kata-kata Bung karno tersebut. Toleransi dan demokrasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam berpolitik. Jika sikap perilaku toleransi kalian gunakan dalam kampanye pemilihan umum, maka demokrasi Pancasila yang kita cita-citakan akan musnah. Persatuan bangsa akan musnah. Kekuatan bangsa akan musnah. Kejayaan semangat gotong royong akan musnah. Dan, yang nanti tinggal hanyalah teror dan anarki, kekacauan dan kepedihan.

Ingat, tahun depan kita sudah memasuki kembali agenda Pemilihan Umum, yakni Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 9 Provinsi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 224 Kabupaten yang berada di 32 Provinsi, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di 37 Kota yang berada di 18 Provinsi.

Bayangkan, jika fenomena disintegrasi pada Pemilu 2019, justru menguat di Pilkada Serentak 2020, dan kemudian menjadi air bah yang tak terbendung. Jika hal itu terjadi, lalu apa makna dan faedah kemenangan pemilihan umum bagi rakyat, bangsa dan negara.

Saya ingatkan kepada seluruh kader partai, jangan karena ambisi menduduki kursi kekuasaan, lantas membuat lupa daratan. Kader banteng tidak boleh berprinsip asal menang, lalu mainkan metode teror dan propaganda kebencian dan fitnah.

Jangan kalian merekayasa keyakinan masing- masing sebagai satu-satunya kebenaran mutlak, seolah kebenaran personal dan kelompok adalah kebenaran yang absolut. Padahal kebenaran absolut hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa. Strategi seperti itu jelas membahayakan keutuhan bangsa. Ingat anak-anakku, jika strategi itu yang kalian pilih, maka pemilihan langsung oleh rakyat untuk memilih pemimpin, justru akan berujung derita bagi rakyat.

Saudara-saudara se-bangsa dan se-tanah air,

Demokrasi yang Indonesia anut adalah Demokrasi Pancasila. Dalam Pancasila demokrasi adalah alat, alat untuk mencapai masyarakat adil makmur yang sempurna. Sedangkan pemilihan umum adalah alat untuk menyempurnakan demokrasi itu. Jadi, pemilihan umum sekadar alat untuk menyempurnakan Demokrasi Pancasila.

Kalau sikap perilaku menebarkan kebencian dan hujatan merajalela karena pemilihan umum, kalau keutuhan bangsa berantakan karena pemilihan umum, kalau tenaga bangsa remuk-redam karena pemilihan umum, maka sesungguhnya demokrasi telah dilumpuhkan.

Jika ada yang memainkan strategi itu dalam pemilihan umum, maka pemilihan umum akhirnya hanya menjadi alat untuk menyeret bangsa ini meninggalkan Pancasila, menjadi alat yang dengan sistematis membuat bangsa ini mengingkari amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Artinya, siapa pun yang menggunakan pola-pola tersebut telah sengaja pula memporak-porandakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan dengan sengaja pula melenyapkan Bhinneka Tunggal Ika dari bumi Indonesia.

Saudara-saudara,

Jas Merah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah! Izinkan saya mengingatkan kembali warisan bagi kita dari para pahlawan, para pendiri bangsa ini. Merekalah pejuang-pejuang, sebelum ada republik ini, Di Taman makam pahlawan. coba kita lihat di kalibata. Saya dari sejak dulu yang namanya berziarah nyekar ke kalibata. Disana banyak yang namanya nisan tak bernama anonim. Mereka sering lihat tidak ada yang memberi bunga. oleh sebab itu. dari kecil. Anak saya dari kecil, cucu saya dari kecil. setiap ziarah ke makam pahlawan, apalagi mereka yang tidak bernama, selalu saya berikan doa dan bunga. apa artinya. apakah kalian lupa kemerdekaan ini  artinya tidak mudah didapat. 

Jadi kita jangan mensia-siakan yang telah diperjuangkan oleh mereka para pejuang pada pahlawan. Indonesia banyak pahlawan. Saya sudah dunia sudah saya kunjungi, baik sebagai orang biasa, anggota DPR, Wapres dan presiden, setiap saya resmi diundang saya selalu memasukan saya harus pergi ke taman pahlawan ke negara tersebut. gunanya apa. Saya ingin menghormati pahlawan mereka. Indonesia ini banyak. TMP artinya mereka rakyat yang tidak bernama. Rakyat yang tahu arti kemerdekaan. 

Jadi jangan setelah menikmati kemerdekaan, lalu kita mencoba-coba dengan ilmu baru, itu tidak cocok. Pancasila itu apa. Tidak ada artinya. Kita harus rombak. kita harus dirikan yang lain sifanya. Mari kalau mau seperti itu, saya berkata jangan main di jalanan hanya menyengsarakan rakyat. Datang ke DPR. Kita bicara. Dari mereka mengaku tapi tinggal pertiwi di indonesia, apakah mereka . mari kita bicara. bagi saya sudah tidak ada pembicaraan. Apakah tidak tergugah hati mereka. Mereka menghirup udara di negara republik indonesia.

Mereka wariskan pada kita Pancasila, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat prinsip tersebut bersifat final and binding, sudah final dan mengikat seluruh elemen bangsa, tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Saya tegaskan pula bahwa Pancasila adalah ideologi, jalan hidup bangsa Indonesia. Jangan di perdebat-debatkan lagi! Saya yakin, tidak ada satupun dari kita yang sedang berupaya “mengakal-akali” pemilihan umum sebagai tumpangan ideologi lain.

Saya percaya, tidak ada satupun dari kita yang sedang meretas jalan, berkolaborasi dengan siapa pun mereka, yang ingin menggantikan Pancasila.

Rakyat Indonesia yang saya cintai,

Pemilu 2019 telah usai, saatnya kita duduk bersama dalam semangat Pancasila, demokrasi melalui jalan musyawarah mufakat.

Saatnya kita bermusyawarah mencari cara agar Pancasila dapat dibumikan. Saatnya bermufakat menemukan jalan konkret untuk implementasi Pancasila, agar Pancasila dapat dirasakan dan dinikmati secara nyata oleh rakyat.

Dalam perspektif ideologis yang diajarkan Bung Karno kepada saya, Pancasila bukan suatu ideologi yang utopis. Pancasila adalah ideologi terbuka, yang kehadirannya dapat dirasakan oleh rakyat dalam wujud kesejahteraan dan keadilan sosial.

Karena itu, sudah saatnya Pancasila dijalankan dalam kebijakan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan, baik itu dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, mental dan spiritual, maupun dalam bidang lingkungan hidup. Kebijakan pembangunan tersebut harus berdasarkan pada kebutuhan riil rakyat, dan dijalankan dengan memanfaatkan seluruh kekuatan dan potensi bangsa, melalui riset yang terencana, terarah dan terukur.

Saya sangat mengapresiasi satu undang- undang yang telah diputuskan bersama oleh Pemerintah dan DPR RI, yaitu Undang- Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Undang-Undang ini mematikan kehendak kuat untuk melahirkan kebijakan pembangunan yang berlandaskan pada hasil riset ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berpedoman pada haluan ideologi Pancasila. Artinya, Pancasila tidak hanya sebagai pedoman bagi kehidupan bermasyarakat, tetapi harus menjadi pedoman pula dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan.

Semoga peraturan turunan dari undang-undang ini segera lahir, sehingga Indonesia kembali memiliki haluan negara berdasarkan Ideologi Pancasila, sehingga pembangunan berjalan di atas rel ideologis, yang dapat dipertanggungjawabkan secara etis dan ilmiah, bukan sekadar memenuhi aspek kepatuhan atas prosedur formal teknokratis

Kader-kader PDI Perjuangan,Kongres adalah ruang musyawarah mufakat untuk merumuskan dan memutuskan strategi, yaitu berupa langkah konkret Partai untuk membuhul kembali rasa persaudaran dan semangat kebangsaan.

Itulah tanggung jawab yang kita pikul sebagai partai politik. Kongres akan memutuskan satu pedoman untuk melakukan evaluasi, sekaligus menjadi ajang konsolidasi Tiga Pilar Partai, yaitu kader partai yang ditugaskan di struktur, legislatif dan eksekutif. Kongres pun akan memutuskan satu pedoman interaksi politik antara partai dan pemerintah, untuk melahirkan sinkronisasi kebijakan politik pembangunan yang etis, ilmiah dan sekaligus ideologis, seperti telah saya sampaikan di atas.

Kader-kader partai,Kongres V PDI Perjuangan bukan hanya untuk mencari jalan perubahan menuju perbaikan lahir. Partai ini tidak sekedar mencari “naiknya semangat”. Ingat, perubahan yang lahir setiap waktu bisa luntur, dan semangat pun setiap saat bisa luntur.

Berupayalah menemukan satu jalan perubahan yang lebih dalam daripada itu. Temukan jalan perubahan untuk menyongsong regenerasi di internal bangsa maupun global.

Untuk itu semua, Tiga Pilar Partai harus mampu mengukuhkan kristalisasi kesadaran politik ideologis yang sedalam-dalamnya. Kristalisasi itu harus masuk tulang, masuk sumsum, masuk pikiran, masuk rasa, masuk roh, masuk jiwa. Kristalisasi kesadaran ideologis tersebut dibutuhkan untuk menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor.

PDI Perjuangan harus menjadi partai yang memiliki satu kedisiplinan penuh, satu disiplin ideologi, satu disiplin teori, satu disiplin tindakan dan satu disiplin gerakan. Dengan kata lain, PDI Perjuangan harus menjadi satu partai ideologis yang solid.

Telah saya katakan berulang kali, “jika kita tidak solid, kita pasti akan kalah. Tetapi jika kita solid, setengah pertarungan politik telah kita menangkan dari awal!”

Karena itu, dalam tema kongres ditetapkan satu terminologi “solid bergerak”. Secara harfiah, solid berarti kuat, kokoh, padat, berisi. Gunakan imajinasi politik kalian, partai ini harus bergerak dalam kondisi solid. Solid bergerak sebagai partai yang berideologi Pancasila.

Tentu saja tidak mudah. Tetapi jangan mengeluh, karena keluh adalah tanda kelemahan jiwa. Banyak kesulitan yang harus kita hadapi sebagai partai politik.

Tetapi, perjalanan yang telah kita lampaui, membuktikan bahwa kita bisa survive. Selama kita solid, kita dapat mengatasi kesulitan-kesulitan itu. Yakinlah, selama kita solid untuk tidak pernah tinggalkan rakyat sebagai sumber dan sebagai tujuan politik, yakinlah kita tak akan pernah surut.

Haqqul yakin, ainul yakin “ada Bung Karno bersama kita”. Ada Bung Karno bersama kita, karena sesungguhnya kita berjuang dengan Pancasila untuk kemenangan rakyat, bangsa dan negara!

Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada PDI Perjuangan. Kepercayaan itulah yang membuat kami bangkit. Kader-kaderku, jangan ingkari kepercayaan rakyat.

Setialah pada sumbermu, setialah kepada rakyat sebagai sumbermu. Jadikan kesetiaan itu sebagai energi bagi PDI Perjuangan untuk membangkitkan semangat rakyat.

Bangkitlah banteng-banteng di seluruh tanah air. Bangkitlah seluruh rakyat Indonesia! Bangkit dengan jiwa Pancasila! Berderap serempak, bergerak serentak! Satukan jiwa pengabdian, mengabdi kepada Tuhan, mengabdi kepada Tanah Air, dan mengabdi pada bangsa. Solid Bergerak untuk Indonesia Raya, Indonesia yang sejati-jatinya merdeka!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Wassalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhOm Shanti Shanti Shanti Om

KESIMPULAN

Hasil pemeriksaan fakta Tempo, potong video pidato ketua umum PDI Perjuangan Megawati merupakan pidato anti pancasila adalah keliru. Video tersebut diketahui merupakan potongan video Megawati saat saat membuka kongres V PDI Perjuangan di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali, pada 8-11 Agustus 2019. Potongan video itu adalah potongan video pada durasi 23:11-23:27 menit.

Pada video lengkap, Megawati justru sedang memberikan pidato yang mengingatkan bahwa kemerdekaan itu tidak mudah didapat, sehingga tidak diperbolehkan menyia-nyiakan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Termasuk jangan mencoba untuk merombak dan mengganti Pancasila.

TIM CEKFAKTA TEMPO