[SALAH] Akun Facebook Gubernur Jambi “Haji Al Haris”

Dipublikasikan pada : 19 Nov 2023, Dibaca : 0 Kali

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jambi, Ariansyah, menginformasikan bahwa Gubernur Al Haris sama sekali tidak pernah membuat atau memiliki akun Facebook.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1699853292.439196/index.html

NARASI:
“Assalamualaikum”
“Waalaikumsalam”
“Mohon maaf. Kebetulan ini saya dan keluarga ada program rencana mau bantu untuk donasi pembangunan rumah ibadah seperti masjid TPQ dan pondok pesantren yang sedang membutuhkan bantuan. Barangkali ada info mengenai pembangunan atau renovasi rumah ibadah bisa bantu infokan…”
“Bisa konfirmasi lanjut di way a 0821-4210-6107”

===
PENJELASAN:
Akun Facebook “Haji Al Haris” Gubernur Jambi menawarkan bantuan kepada pengguna Facebook. Ia meminta penerima pesan untuk menginformasikan tempat yang membutuhkan program bantuan renovasi rumah ibadah dan pesantren.

Berdasarkan hasil penelusuran akun Facebook tersebut adalah palsu. Ariansyah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jambi, menginformasikan bahwa Gubernur Jambi Al Haris tidak memiliki akun Facebook. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk memblokir jika menerima pesan dari akun tersebut ingin memberikan bantuan.


Dengan demikian akun Facebook Gubernur Jambi “Haji Al Haris” adalah palsu dan masuk kategori konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://suarabutesarko.com/berita-selengkapnya/hati-hati-akun-facebook-palsu-mengatasnamakan-haji-al-haris-adalah-palsu/