[SALAH] Azab Tuhan, Putri Sulung Sambo Terjangkit Penyakit Ini

Dipublikasikan pada : 26 Jun 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Beredar sebuah video di kanal Youtube Benang Merah pada tanggal 17 Juni 2023 dengan klaim bahwa putri sulung Sambo terkena azab hingga terjangkit penyakit langka. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut. Dalam media sosial instagram pribadinya masih menjalani kehidupan sehari-hari nya dengan normal dan sehat. Dalam thumbnail nampak seorang wanita yang sedang sakit dan ditangani dokter. Namun setelah ditelusuri foto dalam thumbnail tersebut bukanlah Trisha. Foto tersebut sangat identik dengan gambar dalam artikel Tribunnews.com. Dalam artikel tersebut membahas tentang penyakit Filariasis yang membuat penderitanya bisa memiliki kaki mirip gajah.  Setelah dilakukan penelusuran, narator hanya membacakan artikel milik pop.grid.id yang berjudul “Anak-anak Ferdy Sambo Curi Perhatian, Tidak Hanya Cantik Putri Sulung Bakal Ikuti Jejak Sang Ibu, Anak Kedua Sekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang!” dan diunggah pada 18 Agustus 2022. Sehingga dapat disimpulkan unggahan video kanal Youtube Benang Merah merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan terjangkit penyakit langka adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya foto yang ditampilkan dalam thumbnail bukan merupakan foto Trisha. Melainkan hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687607190.121757/singlefile.html

====
[NARASI]: “AZAB TUHAN MENGERIKAN, ANAK SULUNG SAMBO TERJANGKIT PENYAKIT INI”

====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video di kanal Youtube Benang Merah pada tanggal 17 Juni 2023 dengan klaim bahwa putri sulung Sambo terkena azab hingga terjangkit penyakit langka. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut. Dalam media sosial instagram pribadinya masih menjalani kehidupan sehari-hari nya dengan normal dan sehat.

Dalam thumbnail nampak seorang wanita yang sedang sakit dan ditangani dokter. Namun setelah ditelusuri foto dalam thumbnail tersebut bukanlah Trisha. Foto tersebut sangat identik dengan gambar dalam artikel Tribunnews.com. Dalam artikel tersebut membahas tentang penyakit Filariasis yang membuat penderitanya bisa memiliki kaki mirip gajah. 

Setelah dilakukan penelusuran, narator hanya membacakan artikel milik pop.grid.id yang berjudul “Anak-anak Ferdy Sambo Curi Perhatian, Tidak Hanya Cantik Putri Sulung Bakal Ikuti Jejak Sang Ibu, Anak Kedua Sekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang!” dan diunggah pada 18 Agustus 2022. Sehingga dapat disimpulkan unggahan video kanal Youtube Benang Merah merupakan konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.tribunnews.com/kesehatan/2012/09/28/awas-filariasis-penderitanya-bisa-berkaki-mirip-kaki-gajah
[2] https://pop.grid.id/read/303433422/anak-anak-ferdy-sambo-curi-perhatian-tidak-hanya-cantik-putri-sulung-bakal-ikuti-jejak-sang-ibu-anak-kedua-sekolah-di-sma-taruna-nusantara-magelang?page=all
[3] https://instagram.com/trishaeas