[SALAH] Bahaya Menyebarkan Ucapan Selamat Dengan Gambar

Dipublikasikan pada : 27 Oct 2022, Dibaca : 2 Kali

Ringkasan

Dilansir dari thelogicalindian.com pada artikel berjudul “Fact Check: Does Sending Good Morning Messages Expose One’s Private Banking Information?”, tidak ada peringatan resmi mengenai ancaman nyata ini dari Tim Tanggap Darurat Komputer India atau CERT-In . CERT-In di bawah Kementerian Teknologi Informasi bertugas melindungi orang India dari ancaman dunia maya. Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada 18 Januari 2018 berujudul “[HOAX] BAHAYA MEMBERI UCAPAN SELAMAT DENGAN .GIF DI WHATSAPP”. Dengan demikian, informasi terkait bahaya pengucapan selamat dengan gambar dan video adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten palsu. REFERENSI:https://thelogicalindian.com/fact-check/hackers-china-phishing-good-morning-images-information-22439?fbclid=IwAR3qentd5ouOBk3-ptL463QfQ_Smb0KPcrLbDskTzaIB88J4A8y__eelIEshttps://turnbackhoax.id/2018/01/18/hoax-bahaya-memberi-ucapan-selamat-dengan-gif-di-whatsapp/https://turnbackhoax.id/2020/10/27/salah-bahaya-menyebarkan-ucapan-selamat-dengan-gambar-dan-video/

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Pesan berantai tersebut pernah beredar pada tahun 2018 serta kembali muncul pada tahun 2020 dan merupakan informasi yang palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==============
Konten: Konten Palsu

Beredar sebuah pesan berantai Whatsapp yang menjelaskan bahaya dari pengiriman ucapan selamat dalam bentuk gambar dan video karena digunakan untuk mencuri informasi pribadi, dan dilaporkan bahwa lebih dari 500.000 korban telah ditipu.

NARASI:
Mulai besok dan seterusnya, tolong jangan memposting gambar secara online. Baca artikel di bawah ini untuk memahami. Aku akan berhenti juga.
Mohon segera hapus semua foto dan video ucapan selamat pagi dan selamat malam serta pesan-pesan religi. Baca artikel di bawah ini dengan seksama dan Anda akan mengerti mengapa.
Baca semua! Silakan kirim pesan ini ke teman sebanyak mungkin sesegera mungkin untuk mencegah penyusupan ilegal.
(Narasi Lanjutan di REFERENSI)

Sumber: Whatsapp
==============

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai tersebut pernah beredar pada tahun 2018 serta kembali muncul pada 2020 dan merupakan informasi yang palsu.

Dilansir dari thelogicalindian.com pada artikel berjudul “Fact Check: Does Sending Good Morning Messages Expose One’s Private Banking Information?”, tidak ada peringatan resmi mengenai ancaman nyata ini dari Tim Tanggap Darurat Komputer India atau CERT-In . CERT-In di bawah Kementerian Teknologi Informasi bertugas melindungi orang India dari ancaman dunia maya.

Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada 18 Januari 2018 berujudul “[HOAX] BAHAYA MEMBERI UCAPAN SELAMAT DENGAN .GIF DI WHATSAPP”. Dengan demikian, informasi terkait bahaya pengucapan selamat dengan gambar dan video adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://thelogicalindian.com/fact-check/hackers-china-phishing-good-morning-images-information-22439?fbclid=IwAR3qentd5ouOBk3-ptL463QfQ_Smb0KPcrLbDskTzaIB88J4A8y__eelIEs
https://turnbackhoax.id/2018/01/18/hoax-bahaya-memberi-ucapan-selamat-dengan-gif-di-whatsapp/
https://turnbackhoax.id/2020/10/27/salah-bahaya-menyebarkan-ucapan-selamat-dengan-gambar-dan-video/

(Narasi Lanjutan)
Peringatan dari pengacara Olga Nikolaevnas:
perhatian! Bagi mereka yang suka mengirim Selamat Pagi! Ini hari yang indah! Selamat malam!
gambar. Tolong jangan kirimkan kabar baik ini.
Hari ini, Shanghai China International News mengeluarkan sinyal marabahaya kepada semua pelanggan dan pakar – saran: jangan mengirim gambar dan video seperti selamat pagi dan selamat malam.
Laporan menunjukkan bahwa peretas merancang gambar, dan gambar serta video itu indah, tetapi menyembunyikan kode phishing, dan ketika semua orang mengirim pesan ini, peretas menggunakan perangkat Anda untuk mencuri informasi pribadi, seperti informasi dan data kartu bank , dan membobol telepon Anda.
Dilaporkan bahwa lebih dari 500.000 korban telah ditipu.
Jika Anda ingin menyapa seseorang, silakan tulis salam Anda sendiri dan kirimkan gambar dan video diri Anda sehingga Anda dapat melindungi diri sendiri dan keluarga serta teman-teman Anda.
penting ! Agar aman, pastikan untuk menghapus semua salam dan gambar dari ponsel Anda. Jika seseorang mengirimi Anda gambar seperti itu, segera hapus dari perangkat Anda. Kode berbahaya membutuhkan waktu untuk diterapkan, jadi jika Anda segera bertindak, tidak akan ada kerusakan.
Beritahu semua teman Anda untuk mencegah diretas.
Ucapkan salam dengan kata-kata Anda sendiri dan hanya kirimkan gambar dan video yang Anda buat untuk menyapa, itu benar-benar aman untuk diri sendiri, keluarga, dan teman Anda. Silakan lihat apa yang saya maksud! Setiap orang memiliki kartu bank yang terpasang di telepon mereka, dan setiap orang memiliki banyak kontak di telepon mereka. Peretasan semacam ini tidak hanya mengancam diri Anda sendiri, tetapi juga telepon, teman, dan kenalan Anda! Ini brutal.
Ini adalah teknologi baru yang digunakan oleh teroris untuk mengakses kartu SIM seluler Anda dan menjadikan Anda kaki tangan mereka! ! ! * * * Kirim pesan ini ke sebanyak mungkin kerabat dan teman untuk menghentikan penyusupan yang tidak sah! ! !