[SALAH] Cara Cepat Menyelamatkan Seseorang Dari Serangan Jantung Dengan Bubuk Cabai

Dipublikasikan pada : 17 Dec 2022, Dibaca : 1 Kali

Ringkasan

Beredar sebuah informasi di internet dan telah dibagikan beberapa kali di Facebook yang mengklaim bahwa seseorang yang terkena serangan jantung secara mendadak dapat diselamatkan dengan cara menyeduh bubuk cabai dengan air panas kemudian diberikan kepada pasien untuk dikonsumsi, dalam artikel blog tersebut juga disampaikan bahwa pasien akan kembali normal dalam satu menit setelah mengonsumsi air bubuk cabai tersebut. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, seorang perawat senior serangan jantung, Ruth Goss, membantah bahwa klaim tersebut tidak dapat membantu pasien yang terkena serangan jantung. Melalui AFP Ia menjelaskan bahwa serangan jantung adalah keadaan darurat yang disebabkan oleh suplai darah ke jantung yang terganggu, biasanya juga karena adanya gumpalan darah, maka pasien perlu segera diberi pertolongan medis. Memberinya seduhan bubuk cabai dengan air panas tidak akan membantunya.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell
Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada penjelasan ilmiah yang membenarkan bahwa orang yang mengalami serangan jantung secara mendadak dapat diselamatkan dengan bubuk cabai yang diseduh dengan air panas, sebaliknya ahli berpandangan bahwa informasi tersebut dapat membahayakan pasien. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Artikel Blog dan Facebook

https://archive.ph/G5RIa

https://perma.cc/PKV6-VEE2

= = =

Narasi:

“Cara segera menyelamatkan seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak”

Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk cabai hijau ke dalam secangkir air hijau panas dan mencampurnya dengan pasien. Dengan cara ini, pasien kembali normal dalam satu menit.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di internet dan telah dibagikan beberapa kali di Facebook yang mengklaim bahwa seseorang yang terkena serangan jantung secara mendadak dapat diselamatkan dengan cara menyeduh bubuk cabai dengan air panas kemudian diberikan kepada pasien untuk dikonsumsi, dalam artikel blog tersebut juga disampaikan bahwa pasien akan kembali normal dalam satu menit setelah mengonsumsi air bubuk cabai tersebut.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, seorang perawat senior serangan jantung, Ruth Goss, membantah bahwa klaim tersebut tidak dapat membantu pasien yang terkena serangan jantung. Melalui AFP Ia menjelaskan bahwa serangan jantung adalah keadaan darurat yang disebabkan oleh suplai darah ke jantung yang terganggu, biasanya juga karena adanya gumpalan darah, maka pasien perlu segera diberi pertolongan medis. Memberinya seduhan bubuk cabai dengan air panas tidak akan membantunya.

Kemudian, pihak World Heart Federation melalui AFP menyampaikan bahwa klaim tersebut berpotensi membahayakan pasien karena tidak ada penjelasan ilmiah yang membuktikan kebenaran bahwa pasien akan kembali normal dalam satu menit setelah mengonsumsi bubuk cabai tersebut. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah memberikan pasien pertolongan bantuan medis darurat oleh ahlinya.

Masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dengan kabar hoax yang berpotensi untuk membahayakan nyawa seseorang seperti ini. Dengan demikian, cara cepat menyelamatkan seseorang dari serangan jantung dengan bubuk cabai merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32QY49K

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/02/135421182/cek-fakta-tidak-benar-minum-air-yang-dicampur-bubuk-cabai-sembuhkan

===

Editor: Bentang Febrylian