[SALAH] China Melakukan Penyemprotan Disinfektan Menggunakan Drone

Dipublikasikan pada : 16 Dec 2022, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Twitter yaandrian7gmail1 mengunggah tiga foto yang diklaim drone milik China tengah terbang di malam hari untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Foto tersebut bukan di China melainkan di Filipina. Dilansir dari gmanetwork.com, Walikota Pasig Vico Sotto mengerahkan drone untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 pada tahun 2020. Ia menggunakan drone untuk penyemprotan disinfektan di seluruh Kota Pasig, terutama daerah yang memiliki resiko penularan tinggi. Vico Sotto juga mengunggah video saat penyemprotan dilakukan pada instagram pribadinya tanggal 30 Juli 2020 lalu. Selain itu, tidak ditemukan informasi mengenai China melakukan penyemprotan dengan drone. Pemerintah China melakukan upaya penyemprotan disinfektan ke jalanan dan gedung mengunakan kendaraan kanon berukuran besar.  Dengan demikian, foto penyemprotan disinfektan menggunakan drone di China tidak benar.

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani. Klaim China melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan drone adalah tidak benar. Foto drone disinfektan tersebut bukan di China melainkan di Kota Pasig, Filipina.

========

[KATEGORI]

Konteks yang Salah

========

[NARASI]

” Penyemprotan mulai di tiongkok menggunakan drone. Dunia bersiap n makar dilakukan”

Sumber : Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1669957922.060071/singlefile.html

=======

[PENJELASAN]

Akun Twitter yaandrian7gmail1 mengunggah tiga foto yang diklaim drone milik China tengah terbang di malam hari untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Foto tersebut bukan di China melainkan di Filipina.

Dilansir dari gmanetwork.com, Walikota Pasig Vico Sotto mengerahkan drone untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 pada tahun 2020. Ia menggunakan drone untuk penyemprotan disinfektan di seluruh Kota Pasig, terutama daerah yang memiliki resiko penularan tinggi. Vico Sotto juga mengunggah video saat penyemprotan dilakukan pada instagram pribadinya tanggal 30 Juli 2020 lalu.

Selain itu, tidak ditemukan informasi mengenai China melakukan penyemprotan dengan drone. Pemerintah China melakukan upaya penyemprotan disinfektan ke jalanan dan gedung mengunakan kendaraan kanon berukuran besar.  Dengan demikian, foto penyemprotan disinfektan menggunakan drone di China tidak benar.

======

[REFERENSI]

https://www.instagram.com/p/CDQ9vS6DKLV/?igshid=N2ZiY2E3YmU=

https://www.gmanetwork.com/entertainment/celebritylife/health/60929/watch-heres-how-pasig-citys-disinfectant-drones-against-covid-19-work/terutama

https://dunia.tempo.co/read/1306216/cina-lakukan-penyemprotan-jalan-untuk-basmi-virus-corona