[SALAH] Foto Bumi Diambil oleh Pesawat Chandrayaan-3 dari Permukaan Bulan

Dipublikasikan pada : 05 Oct 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Beredar sebuah beberapa foto yang menunjukkan foto bumi yang diambil dari permukaan bulan, foto tersebut diklaim merupakan hasil pengambilan gambar oleh pesawat dalam misi Chandrayaan-3. Diketahui Chandrayaan-3 merupakan misi ketiga dalam program Chandrayaan, serangkaian misi eksplorasi bulan yang dikembangkan the Indian Space Research Organisation. Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya foto-foto tersebut dibuat dengan AI. Seperti yang dilansir dari AFP, foto tersebut dipublikasi oleh media India, WION, sebelum pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 mendarat di bulan. Senior manajer media sosial WION, Pratik Prasenjit menyebut bahwa foto hasil AI tersebut dibuat dengan menggunakan Midjourney. Diketahui Midjourney merupakan program kecerdasan buatan generatif yang dapat membuat gambar sesuai permintaan kita. Dengan demikian foto bumi diambil oleh pesawat Chandrayaan-3 dari permukaan bulan adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto-foto bumi yang terlihat diambil dari permukaan bulan tersebut dibuat dengan menggunakan AI. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/5E95-QJTJ

= = =

Narasi:

“Dunia kita hidup dalam ruang hampa. Chandrayaan 3 gambar dari permukaan bulan. Allahu Akbar”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah beberapa foto yang menunjukkan foto bumi yang diambil dari permukaan bulan, foto tersebut diklaim merupakan hasil pengambilan gambar oleh pesawat dalam misi Chandrayaan-3. Diketahui Chandrayaan-3 merupakan misi ketiga dalam program Chandrayaan, serangkaian misi eksplorasi bulan yang dikembangkan the Indian Space Research Organisation.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya foto-foto tersebut dibuat dengan AI. Seperti yang dilansir dari AFP, foto tersebut dipublikasi oleh media India, WION, sebelum pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 mendarat di bulan.

Senior manajer media sosial WION, Pratik Prasenjit menyebut bahwa foto hasil AI tersebut dibuat dengan menggunakan Midjourney. Diketahui Midjourney merupakan program kecerdasan buatan generatif yang dapat membuat gambar sesuai permintaan kita.

Dengan demikian foto bumi diambil oleh pesawat Chandrayaan-3 dari permukaan bulan adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33VA9ZM

https://en.wikipedia.org/wiki/Midjourney

===