[SALAH] Foto Rekapan C1 Hasil Provinsi Jawa Timur

Dipublikasikan pada : 29 Feb 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Twitter/X @IbnuMuzb mengunggah cuitan dengan melampirkan sebuah foto yang diklaim sebagai rekapan C1 wilayah Provinsi Jawa Timur. Dari 38 kota dan kabupaten, paslon nomor satu mendapat suara sebesar 37,97 %, disusul paslon nomor dua dengan perolehan 34,35% suara, dan terakhir paslon nomor urut 3 dengan perolehan 27,79% suara. Berbeda dari tampilan C1 hasil, data tersebut ditampilkan dalam sebuah tabel yang tidak dapat diverifikasi sumber dan kebenarannya. Selain itu, dari besaran perolehan suara terdapat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan data resmi KPU yang diunggah pada laman https://pemilu2024.kpu.go.id/. Data per 29 Februari 2024 untuk wilayah Jawa Timur, perolehan suara terbesar diraih oleh paslon nomor dua dengan jumlah 66,38%. Sedangkan perolehan suara untuk paslon nomor satu sebesar 15,75%, dan paslon nomor tiga sebesar 17,87%.

Hasil periksa fakta Agnes A

Berbeda dari tampilan C1 hasil, data tersebut ditampilkan dalam sebuah tabel yang tidak dapat diverifikasi sumber dan kebenarannya. Selain itu, terdapat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan data resmi KPU.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/SR5wE (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “C. 1 Jawa Timur, Alhamdulillah :pray:

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @IbnuMuzb mengunggah cuitan dengan melampirkan sebuah foto yang diklaim sebagai rekapan C1 wilayah Provinsi Jawa Timur. Dari 38 kota dan kabupaten, paslon nomor satu mendapat suara sebesar 37,97 %, disusul paslon nomor dua dengan perolehan 34,35% suara, dan terakhir paslon nomor urut 3 dengan perolehan 27,79% suara.

Berbeda dari tampilan C1 hasil, data tersebut ditampilkan dalam sebuah tabel yang tidak dapat diverifikasi sumber dan kebenarannya.

Selain itu, dari besaran perolehan suara terdapat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan data resmi KPU yang diunggah pada laman https://pemilu2024.kpu.go.id/.

Data per 29 Februari 2024 untuk wilayah Jawa Timur, perolehan suara terbesar diraih oleh paslon nomor dua dengan jumlah 66,38%. Sedangkan perolehan suara untuk paslon nomor satu sebesar 15,75%, dan paslon nomor tiga sebesar 17,87%.

=====

[REFERENSI]:

– https://pemilu2024.kpu.go.id/pilpres/hitung-suara/35
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-rekapan-c1-hasil-provinsi-jawa-timur