[SALAH] Fox News: “Obat Ivermectin untuk Mencegah Covid-19 dapat Menyebabkan Inkontinensia”

Dipublikasikan pada : 28 Feb 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Beredar sebuah informasi bahwa studi menunjukkan bahwa penggunaan obar Ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid-19 dapat menyebabkan Inkontinensia, kondisi hilangnya kontrol otot kandung kemih yang menyebabkan seseorang kesulitan menahan buang air kecil. Informasi tersebut diberitakan oleh Fox News. Namun setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya Fox News melalui Reuters.com membantah telah mempublikasi postingan yang memuat informasi tersebut. Kendati demikian, dilansir dari CNBC Indonesia, Food and Drug Administration (FDA) Amerika memang melarang penggunaan Ivermectin untuk mencegah atau mengobati Covid-19. Ivermectin sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengobati cacing parasit juga biasa digunakan sebagai obat anti-parasit untuk ternak. Dengan demikian, Fox News mengabarkan bahwa Ivermectin dapat menyebabkan Inkontinensia adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Fox News membantah telah mempublikasi berita mengenai obat Ivermection dapat menyebabkan Inkontinensia, sebuah kondisi hilangnya kontrol otot kandung kemih. Food and Drug Administration (FDA) Amerika sudah melarang mengonsumsi Ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid-19.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/hT5MY

= = =

Narasi:

“I have been waiting 4 years for this, ‘I told you so’! Big oof to all them upset, ignorant tummies out there”

“Ivermectin’s hidden cost: New studies show that 68% of those who used ivermectin to treat or prevent Covid are suffering long-term bowel and urinary incontinence”

Terjemahan:

“Aku sudah menunggu 4 tahun untuk ini, ‘Sudah kubilang’! Terima kasih banyak untuk mereka yang kesal, perut bodoh di luar sana”

“Kerugian tersembunyi dari Ivermectin: Studi baru menunjukkan bahwa 68% dari mereka yang menggunakan ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid menderita inkontinensia usus dan urin jangka panjang”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi bahwa studi menunjukkan bahwa penggunaan obar Ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid-19 dapat menyebabkan Inkontinensia, kondisi hilangnya kontrol otot kandung kemih yang menyebabkan seseorang kesulitan menahan buang air kecil. Informasi tersebut diberitakan oleh Fox News.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya Fox News melalui Reuters.com membantah telah mempublikasi postingan yang memuat informasi tersebut. Kendati demikian, dilansir dari CNBC Indonesia, Food and Drug Administration (FDA) Amerika memang melarang penggunaan Ivermectin untuk mencegah atau mengobati Covid-19. Ivermectin sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengobati cacing parasit juga biasa digunakan sebagai obat anti-parasit untuk ternak.

Dengan demikian, Fox News mengabarkan bahwa Ivermectin dapat menyebabkan Inkontinensia adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/fact-check/fake-fox-news-x-post-saying-ivermectin-causes-incontinence-resurfaces-2024-02-19/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210823193445-37-270616/terbaru-ivermectin-dilarang-dipakai-sebagai-obat-covid-19

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-inkontinensia-urine

= = =