[SALAH] Gambar Antrean Membeli Masker di China Akibat Pneumonia Mikoplasma Baru Cepat Menyebar

Dipublikasikan pada : 20 Nov 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya gambar dalam unggahan tersebut diambil pada saat awal pandemi Covid-19, Februari 2020, di Hong Kong. Bukan antrean akibat dari menyebarnya Pneumonia Mikoplasma baru dari China. Dilansir dari GlobalTimes.cn, penyakit ini terjadi setiap tiga hingga tujuh tahun sehingga bukan penyakit baru. Mengutip dari AFP, memang sedang terjadi lonjakan kasus infeksi Pneumonia Mikoplasma seperti yang dilaporkan oleh media pemerintah Tiongkok. Diketahui, bakteri Mikoplasma umumnya menyebabkan infeksi ringan pada sistem pernapasan, namun dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih serius sehingga memerlukan rawat inap, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Dengan demikian, gambar antrean membeli masker akibat Pneumonia Mikoplasma baru adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya gambar tersebut sudah lama beredar pada Februari 2020 di masa awal pandemi Covid-19, diketahui foto tersebut menunjukkan warga Hong Kong mengantre untuk membeli masker.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/MPM7-UVUV

= = =

Narasi:

“️Cina.. Pneumonia mikoplasma baru menyebar dengan cepat… Krisis topeng (masker) lagi”

= = =

Penjelasan:

Unggahan di Facebook membagikan gambar kerumunan orang sedang mengantre untuk membeli masker yang diklaim berada di China. Dalam gambar tersebut juga tertulis narasi dalam bahasa Korea yang menyebut Pneumonia Mikoplasma baru dari China menyebar dengan cepat dan diperkirakan akan krisis masker lagi.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya gambar dalam unggahan tersebut diambil pada saat awal pandemi Covid-19, Februari 2020, di Hong Kong. Bukan antrean akibat dari menyebarnya Pneumonia Mikoplasma baru dari China. Dilansir dari GlobalTimes.cn, penyakit ini terjadi setiap tiga hingga tujuh tahun sehingga bukan penyakit baru.

Mengutip dari AFP, memang sedang terjadi lonjakan kasus infeksi Pneumonia Mikoplasma seperti yang dilaporkan oleh media pemerintah Tiongkok. Diketahui, bakteri Mikoplasma umumnya menyebabkan infeksi ringan pada sistem pernapasan, namun dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih serius sehingga memerlukan rawat inap, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Dengan demikian, gambar antrean membeli masker akibat Pneumonia Mikoplasma baru adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.342U24P

https://newsroom.ap.org/editorial-photos-videos/detail?itemid=d2d2693afcda4df6848d860c5d3c17ee&mediatype=photo

https://www.globaltimes.cn/page/202310/1299756.shtml

= = =