[SALAH] Gambar Majalah Tempo “Sugeng Suparwoto Bohir Anies”

Dipublikasikan pada : 16 Jun 2023, Dibaca : 25 Kali

Ringkasan

Lebih lanjut Setri mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses Majalah Tempo melalui webiste resmi di majalah.tempo.co dan jika menemukan konten mencurigakan mencatut Temo bisa menghubungi Tempo. Tempo mengecam tindakan memakai cover dan Majalah Tempo untuk kepentingan penyebaran hoaks ataupun fitnah. Hal tersebut sudah melanggar hukum, mengganggu kerja jurnalistik Tempo serta mengganggu kebebasan pers. Dengan demikian gambar yang mencatut majalah Tempo dengan klaim Sugeng bohir Anies merupakan konten palsu. Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasa menginformasikan bahwa Tempo tidak pernah menerbitkan majalah tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten palsu. REFERENSI:https://cekfakta.tempo.co/fakta/2316/keliru-majalah-tempo-digital-terbitkan-edisi-tentang-sugeng-suparwoto-bohir-anies-baswedan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar yang mencatut Majalah Tempo dengan klaim tersebut merupakan hoaks. Faktanya, pemimpin redaksi Majalah Tempo, Setri Yasa menginformasikan bahwa Tempo tidak pernah menerbitkan majalah tersebut.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1686492017.102501/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“SUGENG SUPARWOTO, BOHIR ANIES YANG TERLIBAT BANYAK KASUS”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Mas EkoSies memposting sebuah gambar mencatut Tempo. Terdapat foto Sugeng Suparwoto dan Anies Baswedan. Dalam gambar tersebut Sugeng diklaim menjadi bohir Anies Baswedan. Postingan tersebut diunggah pada 11 Juni pukul 15.24.
Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “sugeng bohir anies” ditemukan artikel milik Tempo yang membantah telah menerbitkan edisi majalah tersebut. Gambar tersebut terkesan menyerang salah satu bakal calon presiden di tahun politik 2024 mendatang. Hal tersebut dijelaskan oleh Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasa.

Lebih lanjut Setri mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses Majalah Tempo melalui webiste resmi di majalah.tempo.co dan jika menemukan konten mencurigakan mencatut Temo bisa menghubungi Tempo. Tempo mengecam tindakan memakai cover dan Majalah Tempo untuk kepentingan penyebaran hoaks ataupun fitnah. Hal tersebut sudah melanggar hukum, mengganggu kerja jurnalistik Tempo serta mengganggu kebebasan pers.

Dengan demikian gambar yang mencatut majalah Tempo dengan klaim Sugeng bohir Anies merupakan konten palsu. Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasa menginformasikan bahwa Tempo tidak pernah menerbitkan majalah tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2316/keliru-majalah-tempo-digital-terbitkan-edisi-tentang-sugeng-suparwoto-bohir-anies-baswedan