[SALAH] Gambar Pesawat MH370 Ditemukan Tanpa Penumpang

Dipublikasikan pada : 10 May 2023, Dibaca : 2 Kali

Ringkasan

Namun setelah ditelusuri, terdapat artikel CNN di bawah postingan tersebut. Berdasarkan artikel CNN tersebut ditemukan informasi bahwa gambar pesawat tersebut bukan MH370 melainkan pesawat Lockheed Martin L1011 Tristar yang sengaja ditenggelamkan untuk menarik wisata selam. Lebih lanjut mengenai penemuan MH370 sampai saat ini tidak ada berita penemuan pesawat tersebut. Dengan demikian klaim bahwa gambar tersebut adalah pesawat MH370 tidak benar. Sampai saat ini belum ada informasi yang valid mengenai ditemukannya pesawat tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. REFERENSI:https://www.cnn.com/travel/article/red-sea-underwater-abandoned-plane/index.htmlhttps://inet.detik.com/cyberlife/d-6701472/viral-foto-klaim-pesawat-mh370-ditemukan-tanpa-ada-korbannya

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim bahwa gambar tersebut adalah pesawat MH370 tidak benar. Faktanya, sampai saat ini belum ada informasi yang valid mengenai ditemukannya pesawat tersebut.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1683100390.630499/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Malaysia Airplane MH370 that disappeared 9 years ago has been found under ocean with no human skeleton. The plane had 239 passengers on board.”

terjemah
“Pesawat Malaysia MH370 yang hilang 9 tahun lalu telah ditemukan di bawah laut tanpa kerangka manusia. Pesawat itu membawa 239 penumpang.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Real MASH memposting sebuah gambar pesawat yang diklaim pesawat Malaysia MH370 yang mana pesawat tersebut hilang 9 tahun lalu. Pada caption postingan juga menyebutkan bahwa pesawat yang membawa 239 penumpang tersebut ditemukan di bawah laut tanpa kerangka manusia.

Namun setelah ditelusuri, terdapat artikel CNN di bawah postingan tersebut. Berdasarkan artikel CNN tersebut ditemukan informasi bahwa gambar pesawat tersebut bukan MH370 melainkan pesawat Lockheed Martin L1011 Tristar yang sengaja ditenggelamkan untuk menarik wisata selam. Lebih lanjut mengenai penemuan MH370 sampai saat ini tidak ada berita penemuan pesawat tersebut.

Dengan demikian klaim bahwa gambar tersebut adalah pesawat MH370 tidak benar. Sampai saat ini belum ada informasi yang valid mengenai ditemukannya pesawat tersebut, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.cnn.com/travel/article/red-sea-underwater-abandoned-plane/index.html
https://inet.detik.com/cyberlife/d-6701472/viral-foto-klaim-pesawat-mh370-ditemukan-tanpa-ada-korbannya