[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Kompas.com “Ma’ruf Amin Minta negara hormati hak LGBT”

Dipublikasikan pada : 20 Dec 2022, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Setelah ditelusuri melalui website Kompas.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 14 Juni 2020 pukul 17.38 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Wapres Ma’ruf: Pendidikan adalah Kunci untuk Memastikan Masa Depan Bangsa”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda. Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Kompas.com telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Wapres Ma’ruf: Pendidikan adalah Kunci untuk Memastikan Masa Depan Bangsa” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. REFERENSI:https://nasional.kompas.com/read/2020/07/14/17380841/wapres-maruf-pendidikan-adalah-kunci-untuk-memastikan-masa-depan-bangsa Penulis: Luthfiyah Oktari JasmienEditor: Bentang Febrylian

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Kompas.com berjudul “Wapres Ma’ruf: Pendidikan adalah Kunci untuk Memastikan Masa Depan Bangsa”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1670970840.71988/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Ma’ruf Amin Minta negara hormati hak LGBT”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Om Joy (https://web.facebook.com/profile.php?id=100056101973867) pada 8 Desember 2022 pukul 06.46 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel Kompas.com. Artikel tersebut berjudul “Ma’ruf Amin Minta negara hormati hak LGBT”.

Setelah ditelusuri melalui website Kompas.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 14 Juni 2020 pukul 17.38 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Wapres Ma’ruf: Pendidikan adalah Kunci untuk Memastikan Masa Depan Bangsa”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Kompas.com telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Wapres Ma’ruf: Pendidikan adalah Kunci untuk Memastikan Masa Depan Bangsa” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://nasional.kompas.com/read/2020/07/14/17380841/wapres-maruf-pendidikan-adalah-kunci-untuk-memastikan-masa-depan-bangsa

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian