[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Mahfud MD segera Pangkas infak masjid 50% setor ke negara”

Dipublikasikan pada : 17 Dec 2022, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Setelah ditelusuri dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 3 Desember 2022 pukul 07.00 WIB dan menuliskan nama Andika Primasiwi ditemukan artikel asli berjudul “Pemilu 2024 Tak Bisa Mundur, Mahfud MD: Tahapan Sudah Mulai” pada webiste suaramerdeka.com. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda. Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel tersebut telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Pemilu 2024 Tak Bisa Mundur, Mahfud MD: Tahapan Sudah Mulai” milik Suaramerdeka.com, sehingga masuk dalam kategori konten palsu. REFERENSI:https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-045913152/pemilu-2024-tak-bisa-mundur-mahfud-md-tahapan-sudah-mulai Penulis: Luthfiyah Oktari JasmienEditor: Bentang Febrylian

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Suaramerdeka.com berjudul “Pemilu 2024 Tak Bisa Mundur, Mahfud MD: Tahapan Sudah Mulai”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1670455794.674468/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Mahfud MD segera Pangkas infak masjid 50% setor ke negara”
Caption
“Yang berinfak rakyat…yang memangkas negara…buahahahaaaa….”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Achmad Alhamid (https://web.facebook.com/achmad.alhamid.39) memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel. Artikel tersebut berjudul “Mahfud MD segera Pangkas infak masjid 50% setor ke negara”.

Setelah ditelusuri dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 3 Desember 2022 pukul 07.00 WIB dan menuliskan nama Andika Primasiwi ditemukan artikel asli berjudul “Pemilu 2024 Tak Bisa Mundur, Mahfud MD: Tahapan Sudah Mulai” pada webiste suaramerdeka.com. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel tersebut telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Pemilu 2024 Tak Bisa Mundur, Mahfud MD: Tahapan Sudah Mulai” milik Suaramerdeka.com, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-045913152/pemilu-2024-tak-bisa-mundur-mahfud-md-tahapan-sudah-mulai

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian