[SALAH] Gambar Tangkapan Layar CNN Indonesia Berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”

Dipublikasikan pada : 26 Nov 2023, Dibaca : 2 Kali

Ringkasan

Setelah ditelusuri menggunakan indeks pada website CNN Indonesia menggunakan keterangan tanggal pada tangkapan layar yaitu 1 Desember 2022. Ditemukan judul asli berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”. Jika dilihat terdapat kesamaan pada tanggal unggah serta gambar pada artikel. Berdasarkan perbandingan tangkapan layar artikel di Facebook sudah tambahi kalimat “Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”, dalam artikel asli juga tidak ditemukan kalimat tersebut. Dengan demikian gambar tangkapan layar CNN Indonesia berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello” merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. REFERENSI:https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221201174758-92-881548/luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-rihttps://turnbackhoax.id/2023/09/12/salah-luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-ri-termasuk-warga-rempang-akan-disapu-bersih-jika-menjadi-perusuh-dan-penghalang-investasi/

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar CNN Indonesia tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, judul yang asli adalah “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1700570847.250582/index.html

= = = = =

NARASI:
“Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Aisyah Hanun Aqilah memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel CNN Indonesia berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”. Postingan tersebut diunggah pada 12 September 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan indeks pada website CNN Indonesia menggunakan keterangan tanggal pada tangkapan layar yaitu 1 Desember 2022. Ditemukan judul asli berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”. Jika dilihat terdapat kesamaan pada tanggal unggah serta gambar pada artikel. Berdasarkan perbandingan tangkapan layar artikel di Facebook sudah tambahi kalimat “Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello”, dalam artikel asli juga tidak ditemukan kalimat tersebut.

Dengan demikian gambar tangkapan layar CNN Indonesia berjudul “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI, Netizens: Kau Pikir Kampung Melayu itu Punya Bapak Ello” merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221201174758-92-881548/luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-ri
https://turnbackhoax.id/2023/09/12/salah-luhut-ancam-buldoser-orang-yang-halang-halangi-investasi-ke-ri-termasuk-warga-rempang-akan-disapu-bersih-jika-menjadi-perusuh-dan-penghalang-investasi/