[SALAH] Hakim Jaksa Jatuhi Hukuman Mati Pada Putri Candrawati

Dipublikasikan pada : 11 Mar 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Youtube Benang Merah (https://youtube.com/@benangmerah5232) pada 2 Maret 2023 mengunggah sebuah video yang masih terkait dengan vonis hukuman Ferdy Sambo dan Putri Candrawati. Termasuk respon Menkopolhukam, Mahfud MD. Dalam video tersebut, Mahfud MD menuturkan bahwa vonis terhadap Sambo sudah tepat karena sesuai ancaman maksimal untuk pembunuhan berencana yaitu hukuman mati. Begitu pula Putri Candrawati yang ikut serta dalam merencanakan pembunuhan tersebut, jadi layak dijatuhi hukuman 20 tahun. Setelah dilakukan penelusuran, cuplikan video Mahfud MD tersebut sebenarnya merupakan video yang pernah diupload oleh kanal Youtube KOMPASTV tanggal 14 Februari 2023 yang berjudul “Mahfud MD Sebut Vonis Ferdy Sambo dan Putri Candrawati Sudah Tepat”. Lebih lanjut dikutip dari Kompas.com vonis akhir Putri Candrawati saat ini yaitu 20 tahun penjara. Namun, pihaknya masih melakukan banding bersama 3 tersangka lainnya yaitu FS, RR, dan KM.

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa hakim jaksa menjatuhkan hukuman mati kepada Putri C adalah konten yang tidak benar. Faktanya, sidang vonis akhir yang dilaksanakan 13 Februari 2023 menyatakan vonis hukuman PC yaitu 20 tahun penjara. Sedangkan suaminya, Ferdy Sambo divonis hukuman mati oleh hakim.

====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1678427373.428471/singlefile.html

====

[NARASI]: “KEADILAN DITEGAKKAN, HAKIM JAKSA PUTRI C JATUHI HUKUMAN M4T1”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Benang Merah (https://youtube.com/@benangmerah5232) pada 2 Maret 2023 mengunggah sebuah video yang masih terkait dengan vonis hukuman Ferdy Sambo dan Putri Candrawati. Termasuk respon Menkopolhukam, Mahfud MD. Dalam video tersebut, Mahfud MD menuturkan bahwa vonis terhadap Sambo sudah tepat karena sesuai ancaman maksimal untuk pembunuhan berencana yaitu hukuman mati. Begitu pula Putri Candrawati yang ikut serta dalam merencanakan pembunuhan tersebut, jadi layak dijatuhi hukuman 20 tahun.

Dalam video tersebut narasi yang dibawakan adalah mengenai pendapat Reza Indragiri, yang dikenal sebagai ahli psikologi forensik di Indonesia. Ia mengatakan bahwa dirinya masih belum percaya dengan narasi PC pemerkosaan dan perselingkuhan yang melibatkan Putri dan Josua. Justru Putri lah yang sengaja menyusun narasi itu dan memprovokasi suaminya hingga perencanaan pembunuhan terhadap Sambo dilaksanakan.

Setelah dilakukan penelusuran, cuplikan video Mahfud MD tersebut sebenarnya merupakan video yang pernah diupload oleh kanal Youtube KOMPASTV tanggal 14 Februari 2023 yang berjudul “Mahfud MD Sebut Vonis Ferdy Sambo dan Putri Candrawati Sudah Tepat”. Lebih lanjut dikutip dari Kompas.com vonis akhir Putri Candrawati saat ini yaitu 20 tahun penjara. Namun, pihaknya masih melakukan banding bersama 3 tersangka lainnya yaitu FS, RR, dan KM.

====

[REFERENSI]:

[1] https://nasional.kompas.com/read/2023/02/14/05485661/vonis-ferdy-sambo-dan-putri-candrawathi-kejutan-ultra-petita-yang-agung
[2] https://youtu.be/qYHgeOOj2p4