[SALAH] Ibu Bharada E Menemui Presiden Jokowi

Dipublikasikan pada : 22 Feb 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Video berdurasi 8 menit tersebut diisi oleh cuplikan-cuplikan video sidang Sambo yang diiringi oleh sang narator yang rupanya setelah ditelusuri, narator tersebut hanya membacakan sebuah artikel berjudul, “Kamaruddin Simanjuntak Menduga Ada Sosok ‘Markus’ yang Bermain di Gerakan Bawah Tanah Sambo, Ini Tugasnya!” unggahan dari ayojakarta.com 7 Februari 2023 lalu. Dalam artikel itu sendiri isinya tidak ada pembahasan mengenai ibu Bharada E, melainkan membahas adanya sosok makelar kasus yang bergerak di balik kasus Sambo ini, topik tersebut dibahas di Youtube milik Uya Kuya bersama dengan Kamaruddin Simanjuntak sebagai narasumber acara. Berangkat dari hasil penelusuran tersebut maka dapat dikatakan jika unggahan video tersebut mengandung sebuah informasi yang salah.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Dalam unggahan tersebut tidak berisi pemberitaan mengenai bukti benar adanya bahwa ibu Bharada E telah menemui presiden Jokowi, dapat diambil kesimpulan bahwa judul video tersebut adalah informasi yang salah.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1676812596.114606/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “BERITA TERBARU ~ IBU BHARADA E TEMUI PAK JOKOWI, AKHIRNYA KEADILAN DI TERIMA PRESIDEN”

===========

[PENJELASAN]: Pemberitaan kasus Sambo merupakan peristiwa yang sangat hangat dibicarakan oleh masyarakat, beragam berita seputar kasus ini pun masih ramai ditemui di sosial media kita. Pada 11 Februari lalu beredar sebuah unggahan video Youtube milik akun Roda Politik yang membawa klaim pada judul videonya mengenai ibu dari Bharada E yang dikabarkan menemui Jokowi, lalu apakah benar?

Video berdurasi 8 menit tersebut diisi oleh cuplikan-cuplikan video sidang Sambo yang diiringi oleh sang narator yang rupanya setelah ditelusuri, narator tersebut hanya membacakan sebuah artikel berjudul, “Kamaruddin Simanjuntak Menduga Ada Sosok ‘Markus’ yang Bermain di Gerakan Bawah Tanah Sambo, Ini Tugasnya!” unggahan dari ayojakarta.com 7 Februari 2023 lalu.

Dalam artikel itu sendiri isinya tidak ada pembahasan mengenai ibu Bharada E, melainkan membahas adanya sosok makelar kasus yang bergerak di balik kasus Sambo ini, topik tersebut dibahas di Youtube milik Uya Kuya bersama dengan Kamaruddin Simanjuntak sebagai narasumber acara.

Berangkat dari hasil penelusuran tersebut maka dapat dikatakan jika unggahan video tersebut mengandung sebuah informasi yang salah.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=kfh6B8iG9OI

https://www.ayojakarta.com/metropolitan/pr-767406502/kamaruddin-simanjuntak-menduga-ada-sosok-markus-yang-bermain-di-gerakan-bawah-tanah-sambo-ini-tugasnya