[SALAH] JUTAAN SANTRI TURUN GUNUNG, DESSAK CAK NUN SEGERA DI TANGKAP

Dipublikasikan pada : 07 Mar 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Youtube POJOK DUNIA mengunggah video Youtube yang berjudul “JUTAAN SANTRI TURUN GUNUNG, DESSAK CAK NUN SEGERA DI TANGKAP” pada tanggal 28 Januari 2023 dengan tumbnail yang menunjukkan ribuan santri berdemonstrasi. Dalam video disebut bahwa Cak Nun bersekongkol dengan Anies Baswedan buat mengejek Jokowi Fir’aun. Tumbnail yang ditunjukkan dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan ribuan santri yang mendesak Cak Nun agar segera ditangkap. Foto yang menunjukkan ribuan orang yang berdemonstrasi mengenakan pakaian serba putih sebenarnya adalah foto ribuan santri dan ulama Aceh yang berparade menolak paham Wahabi dan Syiah di Aceh. Video kedua yang dicuplik adalah video pidato Anies Baswedan saat kegiatan Jakarta Menyapa pada tanggal 16 Juli 2022 yang diunggah oleh akun Youtube PEMPROV DKI JAKARTA. Video lain yang dicuplik adalah pidato Jokowi yang ditampilkan sebenarnya merupakan video Presiden Jokowi saat hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa, Brussels, 14 Desember 2022 serta video Presiden Jokowi saat membuka Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023.

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan gabungan beberapa video yang diedit dengan narasi yang menyesatkan. Narasi yang menyebutkan jutaan santri yang turun gunung untuk mendesak Cak Nun segera ditangkap atas pernyataannya yang menyebut Jokowi Fir’aun adalah narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1677730041.129472/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
JUTAAN SANTRI TURUN GUNUNG, DESSAK CAK NUN SEGERA DI TANGKAP

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POJOK DUNIA mengunggah video Youtube yang berjudul “JUTAAN SANTRI TURUN GUNUNG, DESSAK CAK NUN SEGERA DI TANGKAP” pada tanggal 28 Januari 2023 dengan tumbnail yang menunjukkan ribuan santri berdemonstrasi. Dalam video disebut bahwa Cak Nun bersekongkol dengan Anies Baswedan buat mengejek Jokowi Fir’aun.

Tumbnail yang ditunjukkan dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan ribuan santri yang mendesak Cak Nun agar segera ditangkap. Foto yang menunjukkan ribuan orang yang berdemonstrasi mengenakan pakaian serba putih sebenarnya adalah foto ribuan santri dan ulama Aceh yang berparade menolak paham Wahabi dan Syiah di Aceh.

Penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut merupakan hasil potongan beberapa video yang dijadikan satu dengan narasi yang menyesatkan. Video pertama yang dicuplik identik dengan video klarifikasi atas pernyataan Cak Nun yang menyebut Jokowi Firaun yang diunggah akun Youtube resmi CakNun.com yang pada tanggal 17 Januari 2023 dengan judul “Mbah Nun Kesambet”.

Video kedua yang dicuplik adalah video pidato Anies Baswedan saat kegiatan Jakarta Menyapa pada tanggal 16 Juli 2022 yang diunggah oleh akun Youtube PEMPROV DKI JAKARTA. Video lain yang dicuplik adalah pidato Jokowi yang ditampilkan sebenarnya merupakan video Presiden Jokowi saat hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa, Brussels, 14 Desember 2022 serta video Presiden Jokowi saat membuka Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=jxLL3hNkQSE
https://www.youtube.com/watch?v=LSQsaKM6Fvg
https://www.youtube.com/watch?v=46QxNtozljY
https://aceh.tribunnews.com/2015/09/11/wahabi-dan-syiah-diminta-hentikan-aktivitas