[SALAH] Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Resmi Dimiskinkan

Dipublikasikan pada : 10 May 2023, Dibaca : 1 Kali

Ringkasan

Pemilik akun Facebook Golliat mengunggah siaran video dengan klaim Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung resmi dimiskinkan. Reihana Wijayanto, belakangan ini menjadi sorotan setelah kedapatan pamer barang-barang mewah dan ternama yang digunakannya di media sosial. Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan bahwa saat ini Reihana resmi dimiskinkan. Berbeda dengan judul video yang beredar, tidak ada informasi mengenai tanggapan Mahfud MD terkait dengan permasalahan ini. Dalam artikel Tribun News tersebut, dijelaskan bahwa sebelumnya Reihana sempat diperiksa KPK terkait kasus korupsi alat kesehatan. Namun dirinya dinyatakan tidak bersalah. Sedangkan pada artikel Grid, menjelaskan tentang masa jabatan Reihana menjadi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Dikutip dari CNN, hingga saat ini KPK masih mengatur jadwal untuk pemeriksaan Reihana. Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, harta kekayaan Reihana yang dilaporkan terlalu sedikit sehingga tidak sesuai dengan profil. Itu merupakan kesimpulan awal yang diperoleh Tim Direktorat LHKPN KPK.

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi pemiskinan Reihana Wijayanto. Hingga saat ini KPK masih mengatur jadwal pemeriksaan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tersebut.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1682709728.95898/singlefile.html (Facebook)

=====

[NARASI]: “Tep4t H4ri 1ni Kad1nkes Lampung Resm1 Dim1skinkan! M4hfud: C0pot & T4han”

=====

[PENJELASAN]:

Pemilik akun Facebook Golliat mengunggah siaran video dengan klaim Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung resmi dimiskinkan. Reihana Wijayanto, belakangan ini menjadi sorotan setelah kedapatan pamer barang-barang mewah dan ternama yang digunakannya di media sosial.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan bahwa saat ini Reihana resmi dimiskinkan. Berbeda dengan judul video yang beredar, tidak ada informasi mengenai tanggapan Mahfud MD terkait dengan permasalahan ini.

Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh Tribun News dengan judul “NASIB Kadinkes Lampung Reihana Ditentukan KPK, Pernah Diperiksa Kasus Korupsi Alkes 13 Miliar” dan artikel Grid yang berjudul “Kadinkes Lampung Menjabat 14 Tahun, BKN Sebut Masa Jabatan Pimpinan Tinggi PNS Bisa Diperpanjang Jika Syarat-syarat Ini Terpenuhi”.

Dalam artikel Tribun News tersebut, dijelaskan bahwa sebelumnya Reihana sempat diperiksa KPK terkait kasus korupsi alat kesehatan. Namun dirinya dinyatakan tidak bersalah. Sedangkan pada artikel Grid, menjelaskan tentang masa jabatan Reihana menjadi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dikutip dari CNN, hingga saat ini KPK masih mengatur jadwal untuk pemeriksaan Reihana. Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, harta kekayaan Reihana yang dilaporkan terlalu sedikit sehingga tidak sesuai dengan profil. Itu merupakan kesimpulan awal yang diperoleh Tim Direktorat LHKPN KPK.

=====

[REFERENSI]:

– https://medan.tribunnews.com/2023/04/19/nasib-kadinkes-lampung-reihana-ditentukan-kpk-pernah-diperiksa-kasus-korupsi-alkes-13-miliar?page=all
– https://hot.grid.id/read/183765378/kadinkes-lampung-menjabat-14-tahun-bkn-sebut-masa-jabatan-pimpinan-tinggi-pns-bisa-diperpanjang-jika-syarat-syarat-ini-terpenuhi?page=all
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230428140643-12-943082/kpk-masih-atur-jadwal-panggil-kadinkes-lampung-reihana