[SALAH] “KPK GELEDAH RUMAH RAFFI AHMAD”

Dipublikasikan pada : 21 Apr 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan. Video lebih banyak membahas mengenai pernyataan Raffi Ahmad yang menegaskan bahwa dirinya tidak pernah terlibat dalam kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo. Sampai saat ini belum ada bukti bahwa Raffi terlibat kasus dugaan pencucian yang dilakukan Rafael Alun. Di sampaing itu juga tidak ditemukan informasi valid bahwa rumah Raffi Ahmad digeledah KPK.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa KPK geledah rumah Raffi Ahmad.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1681653440.008694/singlefile.html

=====

[NARASI]: MENGEJUTK4N:bangbang:Bvntut PENCUC14N Uang Kpk Temukan Bb Ini, Nita Hanya Bisa N4NG!S

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Abagail Sampson” mengunggah video dengan narasi KPK geledah rumah Raffi Ahmad dan temukan bukti pencucian uang.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Video lebih banyak membahas mengenai pernyataan Raffi Ahmad yang menegaskan bahwa dirinya tidak pernah terlibat dalam kasus dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo.

Sampai saat ini belum ada bukti bahwa Raffi terlibat kasus dugaan pencucian yang dilakukan Rafael Alun. Di sampaing itu juga tidak ditemukan informasi valid bahwa rumah Raffi Ahmad digeledah KPK.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa narasi KPK geledah rumah Raffi Ahmad dan temukan bukti pencucian uang adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/15/100118182/hoaks-kpk-geledah-rumah-raffi-ahmad-temukan-bukti-pencucian-uang?page=all#page2
https://turnbackhoax.id/2023/04/13/salah-kpk-geledah-rumah-raffi-ahmad/