[SALAH] KPK Tahan Anies Baswedan atas Kasus Korupsi Formula E

Dipublikasikan pada : 11 Oct 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Kanal YouTube PILIHAN RAKYAT (https://www.youtube.com/@PILAR_144) pada 30 September 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022, Anies Baswedan, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan korupsi Formula E di DKI Jakarta. Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada informasi resmi dan bukti valid mengenai kabar ditahannya Anies Baswedan oleh KPK. Sebelumnya diketahui bahwa penelusuran kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bermula dari laporan Kelompok Forum Masyarakat untuk Keadilan (FMK) pada September 2021 lalu. FMK melaporkan Anies Baswedan ke KPK karena mereka menilai penyelenggaraan balap mobil tersebut tidak masuk akal sebab Pemprov DKI tetap membayarkan biaya komitmen (commitment fee) kepada penyelenggara di tengah situasi Pandemi COVID-19. Selain itu, diketahui bahwa KPK telah melakukan pemanggilan pemeriksaan kepada Anies Baswedan yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pada September 2022, Anies Baswedan datang memenuhi panggilan KPK untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E Jakarta. Hingga saat ini, diketahui bahwa proses penyelidikan kasus Formula E masih terus berjalan dan belum ada keputusan untuk menghentikan atau menaikkan status ke tahap penyidikan. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube PILIHAN RAKYAT merupakan informasi yang salah.

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Anies Baswedan ditahan oleh KPK atas kasus korupsi Formula E merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada bukti valid mengenai kabar ditahannya Anies Baswedan oleh KPK.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1696902827.263948/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “KPK TAHAN ANIES BASWEDAN – FIRLI UNGKAP PERMAINAN DANA FORMULA E, DI DEPAN AWAK MEDIA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube PILIHAN RAKYAT (https://www.youtube.com/@PILAR_144) pada 30 September 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022, Anies Baswedan, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan korupsi Formula E di DKI Jakarta.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada informasi resmi dan bukti valid mengenai kabar ditahannya Anies Baswedan oleh KPK.

Sebelumnya diketahui bahwa penelusuran kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bermula dari laporan Kelompok Forum Masyarakat untuk Keadilan (FMK) pada September 2021 lalu. FMK melaporkan Anies Baswedan ke KPK karena mereka menilai penyelenggaraan balap mobil tersebut tidak masuk akal sebab Pemprov DKI tetap membayarkan biaya komitmen (commitment fee) kepada penyelenggara di tengah situasi Pandemi COVID-19.

Sumber: CNN Indonesia

Selain itu, diketahui bahwa KPK telah melakukan pemanggilan pemeriksaan kepada Anies Baswedan yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pada September 2022, Anies Baswedan datang memenuhi panggilan KPK untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E Jakarta. Hingga saat ini, diketahui bahwa proses penyelidikan kasus Formula E masih terus berjalan dan belum ada keputusan untuk menghentikan atau menaikkan status ke tahap penyidikan.

Sumber: CNN Indonesia

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube PILIHAN RAKYAT merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220906121420-12-843923/jejak-kasus-formula-e-di-kpk-hingga-anies-baswedan-dipanggil
https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/07/08430511/kronologi-turunnya-commitment-fee-formula-e-jakarta-awalnya-rp-23-triliun?page=all
https://www.kominfo.go.id/content/detail/50252/disinformasi-kpk-tetapkan-anies-baswedan-sebagai-tersangka-korupsi-formula-e/0/laporan_isu_hoaks
https://news.detik.com/berita/d-6277049/anies-diperiksa-kpk-soal-formula-e-hari-ini?single=1
https://news.detik.com/berita/d-6277161/anies-penuhi-panggilan-kpk-terkait-formula-e
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230706183030-12-970393/kpk-tegaskan-masih-selidiki-formula-e-tunggu-saja-sabar