[SALAH] Kunjungi Makassar, Anies Baswedan Disambut Petinggi Partai Golkar

Dipublikasikan pada : 22 Jan 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Twitter/X @JamalBoegis mengunggah cuitan dengan klaim bahwa calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berkunjung ke Makassar dan mendapat sambutan dari petinggi Partai Golkar. Dalam cuitan tersebut, pemilik akun juga melampirkan video dengan keterangan: “Makassar Pecahh. Anis Baswedan Disambut Tarian Adat Bugis. 99 persen Sulawesi Dukung Anies Baswedan.” Mengutip Tribunnews, penelusuran dilakukan dengan teknik reverse image search dari mesin pencari Google, ditemukan fakta kejadian tersebut adalah kejadian tahun 2023 lalu. Anies Baswedan menghadiri dialog Sarasehan Nasional Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sabtu, 18 November 2023. Penyelenggara kegiatan adalah Ikatan Keluarga dan Alumni Universitas Negeri Makassar (IKA) UNM. Nurdin Halid kemudian hadir sebagai Ketua Umum IKA UNM dan Anies Baswedan hadir sebagai salah satu narasumber. Nurdin Halid tidak mewakili Partai Golkar pada acara tersebut.

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Nurdin Halid kemudian hadir sebagai Ketua Umum IKA UNM dan Anies Baswedan hadir sebagai salah satu narasumber. Nurdin Halid tidak mewakili Partai Golkar pada acara tersebut. Selain itu, Partai Golkar mengusung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/fDw6a (Twitter)

=====

[NARASI]: “Pak Anies ke Makassar disambut petinggi Golkar, gimana ceritanya?”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @JamalBoegis mengunggah cuitan dengan klaim bahwa calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berkunjung ke Makassar dan mendapat sambutan dari petinggi Partai Golkar. Dalam cuitan tersebut, pemilik akun juga melampirkan video dengan keterangan: “Makassar Pecahh. Anis Baswedan Disambut Tarian Adat Bugis. 99 persen Sulawesi Dukung Anies Baswedan.”

Mengutip Tribunnews, penelusuran dilakukan dengan teknik reverse image search dari mesin pencari Google, ditemukan fakta kejadian tersebut adalah kejadian tahun 2023 lalu.

Anies Baswedan menghadiri dialog Sarasehan Nasional Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sabtu, 18 November 2023.

Penyelenggara kegiatan adalah Ikatan Keluarga dan Alumni Universitas Negeri Makassar (IKA) UNM. Nurdin Halid kemudian hadir sebagai Ketua Umum IKA UNM dan Anies Baswedan hadir sebagai salah satu narasumber. Nurdin Halid tidak mewakili Partai Golkar pada acara tersebut.

Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa cuitan dan video yang menarasikan Waketum DPP Golkar Nurdin Halid menyambut dan bergabung dengan Anies Baswedan adalah keliru. Partai Golkar mengusung pasangan calon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

=====

[REFERENSI]: