[SALAH] “LAUTAN MANUSIA DI KALIMANTAN SAMBUT KEDATANGAN SALAH SATU CAPRES”

Dipublikasikan pada : 25 Aug 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Faktanya video tersebut merupakan kegiatan  Jambore Daerah (Jamda) Komunitas Yamaha RX-King Indonesia yang berlokasi di area parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Video identik dapat dilihat di kanal Youtube milik Ibnu zig-zag dengan judul video “Indonesia Pusaka Rx king Di Jamda 3 YRKI DIY Jogja”.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya video tersebut merupakan kegiatan  Jambore Daerah (Jamda) Komunitas Yamaha RX-King Indonesia yang berlokasi di area parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.ph/7L36C

=====

[NARASI]: Lautan Manusia si Kalimantan Menyambut Kedatangan Safari Politik salah satu CAPRES..Siapa kah CAPRES tsb :question:

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna Poetra Bungsu mengunggah video dengan klaim lautan manusia di Kalimantan menyambut kedatangan salah satu capres.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Faktanya video tersebut merupakan kegiatan  Jambore Daerah (Jamda) Komunitas Yamaha RX-King Indonesia yang berlokasi di area parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Video identik dapat dilihat di kanal Youtube milik Ibnu zig-zag dengan judul video “Indonesia Pusaka Rx king Di Jamda 3 YRKI DIY Jogja”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa lautan manusia di Kalimantan menyambut kedatangan salah satu capres adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2023/07/11/salah-lautan-manusia-yang-inginkan-perubahan-untuk-indonesia-lebih-baik-jokowimusuhrakyat/
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/08/19/171737282/hoaks-video-kerumunan-di-kalimantan-dukung-salah-satu-capres?page=all#page2
https://www.youtube.com/watch?v=hCrSlbgHAGc