[SALAH] Najwa Shihab dan Dokter Terawan Mempromosikan Obat Diabetes

Dipublikasikan pada : 08 Mar 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Sebuah video di Facebook menampilkan presenter nasional Najwa Shihab dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mempromosikan dan merekomendasikan sebuah obat diabetes. Namun jika dicermati lebih detail, suara yang mempromosikan obat diabetes tersebut tidak selaras dengan gerak bibir Najwa Shihab dan Dokter Terawan. Setelah ditelusuri, video yang diunggah di Facebook tersebut merupakan potongan video dari kanal Youtube Najwa Shihab yang diunggah pada 6 Februari 2020. Dalam video tersebut Najwa Shihab tidak sedang membahas soal obat diabetes, namun ia bercerita tentang hoaks terkait virus corona penyebab Covid-19 yang bermunculan pada 2020. Dengan begitu dapat disimpulkan, melalui hasil temuan tersebut bahwa unggahan Facebook yang mengklaim jika Najwa Shihab dan Dokter Terawan yang mempromosikan obat diabetes adalah tidak benar. Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah menemukan temuan isu serupa yang mencatut nama Najwa Shihab, Helmy Yahya, dan Dokter Terawan mempromosikan obat diabetes.

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Potongan video yang ditampilkan merupakan potongan video berbeda yang tidak memiliki konteks yang sama dengan klaim yang dibagikan.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/pT3zQ (arsip)

===========

[NARASI]: “SEORANG DOKTER INDONESIA TELAH TAKLUKAN DIABETES! EFEKTIFITAS OBATNYA ADALAH 98%. 70000 ORANG TELAH DISEMBUHKAN OLEH OBAT TERSEBUT DOKTER AGUS PUTRANTO”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video di Facebook menampilkan presenter nasional Najwa Shihab dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mempromosikan dan merekomendasikan sebuah obat diabetes.

Namun jika dicermati lebih detail, suara yang mempromosikan obat diabetes tersebut tidak selaras dengan gerak bibir Najwa Shihab dan Dokter Terawan. Setelah ditelusuri, video yang diunggah di Facebook tersebut merupakan potongan video dari kanal Youtube Najwa Shihab yang diunggah pada 6 Februari 2020.

Dalam video tersebut Najwa Shihab tidak sedang membahas soal obat diabetes, namun ia bercerita tentang hoaks terkait virus corona penyebab Covid-19 yang bermunculan pada 2020.

Dengan begitu dapat disimpulkan, melalui hasil temuan tersebut bahwa unggahan Facebook yang mengklaim jika Najwa Shihab dan Dokter Terawan yang mempromosikan obat diabetes adalah tidak benar. 

Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah menemukan temuan isu serupa yang mencatut nama Najwa Shihab, Helmy Yahya, dan Dokter Terawan mempromosikan obat diabetes.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=694Tzfhizfc