[SALAH] Oposisi di Afrika Selatan Membuat KTP Identitas Palsu untuk Memenangkan Pemilu

Dipublikasikan pada : 30 Jan 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Sebuah postingan Facebook menyebarkan informasi bahwa partai oposisi EFF di Afrika Selatan telah membuat KTP palsu agar orang-orang Zimbabwe dan Nigeria bisa memilih mereka untuk memenangkan pemilu 2024 di Afrika Selatan, postingan tersebut juga menunjukkan bukti gambar dari beberapa identitas palsu yang sudah dibuat. Faktanya foto tersebut sebelumnya sudah dipublikasi melalui siaran pers Kepolisian Afrika Selatan terkait dokumen palsu yang dibuat oleh seorang warga Zimbabwe seperti KTP, akta kelahiran, paspor, laporan bank, sertifikat Covid-19, dan dokumen penting lainnya. Diketahui pelaku sudah tertangkap oleh Kepolisian Afrika Selatan karena telah membuat banyak dokumen palsu. Dengan demikian, oposisi di Afrika Selatan membuat KTP identitas palsu untuk memenangkan pemilu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya dokumen palsu tersebut dibuat oleh seorang warga Zimbabwe yang sudah tertangkap oleh Kepolisian Afrika Selatan karena telah membuat banyak dokumen palsu seperti KTP, akta kelahiran, paspor, laporan bank, sertifikat Covid-19, dan dokumen penting lainnya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/639L-BPVX

= = =

Narasi:

“EFF Office in Hillbrow is manufacturing fake South African ID’s in big numbers, so that Zimbos and Nigerians will vote for EFF in 2024, that’s the reason why EFF is fighting Operation Dudula because Operation Dudula is actually disturbing EFF vision”

Terjemahan:

“Kantor EFF di Hillbrow memproduksi KTP palsu Afrika Selatan dalam jumlah besar, sehingga orang Zimbabwe dan orang Nigeria akan memilih EFF pada tahun 2024, itulah alasan EFF melawan Operasi Dudula karena Operasi Dudula sebenarnya mengganggu visi EFF”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Facebook menyebarkan informasi bahwa partai oposisi EFF di Afrika Selatan telah membuat KTP palsu agar orang-orang Zimbabwe dan Nigeria bisa memilih mereka untuk memenangkan pemilu 2024 di Afrika Selatan, postingan tersebut juga menunjukkan bukti gambar dari beberapa identitas palsu yang sudah dibuat.

Faktanya foto tersebut sebelumnya sudah dipublikasi melalui siaran pers Kepolisian Afrika Selatan terkait dokumen palsu yang dibuat oleh seorang warga Zimbabwe seperti KTP, akta kelahiran, paspor, laporan bank, sertifikat Covid-19, dan dokumen penting lainnya. Diketahui pelaku sudah tertangkap oleh Kepolisian Afrika Selatan karena telah membuat banyak dokumen palsu.

Dengan demikian, oposisi di Afrika Selatan membuat KTP identitas palsu untuk memenangkan pemilu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34EP7UH

https://www.saps.gov.za/newsroom/msspeechdetail.php?nid=39310

= = =