[SALAH] Paspampres Meminta Warga Mengganti Kaos Bergambar Caleg PDIP Aria Bima

Dipublikasikan pada : 07 Nov 2023, Dibaca : 2 Kali

Ringkasan

Akun Twitter Aki Tulalit (@YRadianto) mengunggah cuitan yang melampirkan video dengan klaim bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah berubah. Dalam video yang dilampirkan, Gibran disebut melakukan kunjungan kerja pada 30 Oktober 2023. Dalam kegiatan ini, terjadi insiden ketika ada seorang warga yang memakai kaos bergambar calon legislatif (caleg) PDIP, Aria Bima. Kemudian Paspampres yang mendampingi Gibran meminta orang tersebut untuk mengganti kaosnya. Gibran menambahkan, kaos yang dikenakan warga bukan bergambar Aria Bima, melainkan bergambar Ganjar Pranowo. Dia justru mengaku sempat menyalami warganya tersebut.

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Gibran menegaskan tidak ada insiden paspampres meminta warga mencopot dan mengganti kaos caleg PDIP yang dikenakan. Gibran mengaku tidak mempermasalahkan dan justru menyalami warganya tersebut.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698928612.743588/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Ada yang berbeda dari Giran sekarang..
(Berikut Paspampresnya)
..
..”

Narasi dalam video:

“Gibran sudah berubah. Gibran Rakabuming Raka melakukan kunjungan kerja di Kampung Sangkrah Solo, pada Selasa pagi, 30 Oktober 2023. Warga tidak lagi antusias menyambut kehadiran Gibran. Terjadi sebuah insiden ketika ada seorang warga yang memakai kaos bergambar foto caleg PDIP Aria Bima, dan oleh paspampres diminta untuk mengganti kaos yang dipakainya. TIM PRABOWO-GIBRAN BEKERJA MENGATUR PASPAMPRES”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter Aki Tulalit (@YRadianto) mengunggah cuitan yang melampirkan video dengan klaim bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah berubah. Dalam video yang dilampirkan, Gibran disebut melakukan kunjungan kerja pada 30 Oktober 2023. Dalam kegiatan ini, terjadi insiden ketika ada seorang warga yang memakai kaos bergambar calon legislatif (caleg) PDIP, Aria Bima. Kemudian Paspampres yang mendampingi Gibran meminta orang tersebut untuk mengganti kaosnya.

Faktanya, klaim tersebut tidaklah benar. Dikutip dari Detik, Gibran memang melakukan kunjungan ke Kampung Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, untuk mengecek rumah tidak layak huni (RTLH) yang mendapatkan bantuan sosial. Namun tidak ada insiden yang terjadi seperti narasi yang beredar.

Gibran turut buka suara atas narasi itu saat ditemui di Balai Kota Solo. Dia membantah adanya paspampres yang meminta warga untuk mengganti kaos yang dikenakan.

Gibran menambahkan, kaos yang dikenakan warga bukan bergambar Aria Bima, melainkan bergambar Ganjar Pranowo. Dia justru mengaku sempat menyalami warganya tersebut.

=====

[REFERENSI]: