[SALAH] Pembagian Beras Hasil Ketahanan Pangan Food Estate Menteri Pertahanan

Dipublikasikan pada : 03 Nov 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun Twitter Dumdum (@yusuf_dumdum) membagikan cuitan dengan klaim pembagian beras dari keberhasilan program food estate yang dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ia juga mengajak warganet bersiap-siap mengantre dan menunjukkan bukti kupon untuk mendapatkan beras tersebut. Dalam cuitan ini juga dilampirkan foto tumpukan beras yang dikemas plastik dengan logo Partai Gerindra. Hal ini membuat warganet beranggapan bahwa beras hasil program food estate ini digunakan sebagai bentuk kampanye. Seperti yang diketahui, selain menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Namun setelah ditelusuri, foto yang dilampirkan tidak berkaitan dengan program food estate yang dikelola oleh Menhan. Foto tersebut merupakan bantuan dari DPC Gerindra Indragiri Hilir yang disalurkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Foto ini bisa dilihat di artikel yang diunggah oleh Bualbual.com pada 17 April 2020, dengan judul “DPC Gerindra Inhil Siapkan 2 Ton Beras untuk Disalurkan ke Masyarakat yang Terdampak Covid-19.”

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Foto beras yang dilampirkan bukan merupakan hasil program food estate yang digunakan untuk kampanye Prabowo Subianto, melainkan bantuan DPC Gerindra Indragiri Hilir untuk masyarakat terdampak Covid-19 pada 2020 lalu.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698927932.440445/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]: “Bukti ketahanan pangan food estate Sukses ditangan Menhan ! :fist: Ayo siap2 antri yang rapi dan tunjukkan bukti kuponnya. :grin:

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter Dumdum (@yusuf_dumdum) membagikan cuitan dengan klaim pembagian beras dari keberhasilan program food estate yang dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ia juga mengajak warganet bersiap-siap mengantre dan menunjukkan bukti kupon untuk mendapatkan beras tersebut.

Dalam cuitan ini juga dilampirkan foto tumpukan beras yang dikemas plastik dengan logo Partai Gerindra. Hal ini membuat warganet beranggapan bahwa beras hasil program food estate ini digunakan sebagai bentuk kampanye. Seperti yang diketahui, selain menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju.

Namun setelah ditelusuri, foto yang dilampirkan tidak berkaitan dengan program food estate yang dikelola oleh Menhan. Foto tersebut merupakan bantuan dari DPC Gerindra Indragiri Hilir yang disalurkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Foto ini bisa dilihat di artikel yang diunggah oleh Bualbual.com pada 17 April 2020, dengan judul “DPC Gerindra Inhil Siapkan 2 Ton Beras untuk Disalurkan ke Masyarakat yang Terdampak Covid-19.”

=====

[REFERENSI]: