[SALAH] Perdana Menteri Israel Netanyahu Terinfeksi Covid

Dipublikasikan pada : 08 Mar 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Muncul sebuah postingan di Twitter/X pada 3 Maret 2024 kemarin memperlihatkan foto Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang nampak sedang terbaring di kasur rumah sakit, foto tersebut ditambahkan juga dengan caption jika ia terinfeksi oleh corona yang bermutasi. Setelah dilakukan pencarian untuk mencari pembuktian dari gambar tersebut, ditemukan artikel yang berjudul “This Photo Does Not Show Netanyahu Hospitalized for COVID-19” yang diterbitkan misbar.com. Dalam artikel tersebut mereka mengklarifikasi jika foto yang beredar tersebut merupakan hasil manipulasi. Faktanya sumber asli foto tersebut merupakan foto ketika istri Benjamin Netanyahu yang bernama Sara Netanyahu menjenguk seorang wanita Israel bernama Adele Banita Bennet. Dia ditikam di Kota Tua Yerusalem setelah bentrokan meletus antara orang Palestina dan pemukim pada Oktober 2015.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya foto yang memperlihatkan PM Israel telah terjangkit virus corona yang bermutasi adalah hasil manipulasi dari foto ketika Sara Netanyahu menjenguk seorang wanita Israel pada tahun 2015 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Twitter https://ghostarchive.org/archive/AzGlI  (arsip)

===========

[NARASI]: “Netanyahu infected with mutated corona virus… I pray we hear good news about him”

Translate: “Netanyahu terinfeksi virus corona bermutasi..

Aku berdoa kita mendengar kabar baik tentang dia”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah postingan di Twitter/X pada 3 Maret 2024 kemarin memperlihatkan foto Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang nampak sedang terbaring di kasur rumah sakit, foto tersebut ditambahkan juga dengan caption jika ia terinfeksi oleh corona yang bermutasi.

Setelah dilakukan pencarian untuk mencari pembuktian dari gambar tersebut, ditemukan artikel yang berjudul “This Photo Does Not Show Netanyahu Hospitalized for COVID-19” yang diterbitkan misbar.com. Dalam artikel tersebut mereka mengklarifikasi jika foto yang beredar tersebut merupakan hasil manipulasi.

Faktanya sumber asli foto tersebut merupakan foto ketika istri Benjamin Netanyahu yang bernama Sara Netanyahu menjenguk seorang wanita Israel bernama Adele Banita Bennet. Dia ditikam di Kota Tua Yerusalem setelah bentrokan meletus antara orang Palestina dan pemukim pada Oktober 2015.

Berdasarkan pada penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan jika foto yang memperlihatkan PM Israel telah terjangkit virus corona yang bermutasi adalah hasil manipulasi dari foto ketika Sara Netanyahu menjenguk seorang wanita Israel pada tahun 2015 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/04/this-photo-does-not-show-netanyahu-hospitalized-for-covid-19