[SALAH] Pidato Amburadul, Anies Baswedan Gantikan Pidato Joko Widodo di KTT ASEAN 2023

Dipublikasikan pada : 15 Sep 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Kanal Youtube Negara Politik mengunggah video dengan klaim Anies Baswedan gantikan Presiden Joko Widodo untuk berpidato pada acara KTT ASEAN 2023, karena pidato Presiden Jokowi dianggap amburadul. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang memuat foto Anies Baswedan yang sedang berbicara di depan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan forum ASEAN. Setelah dilakukan penelusuran, foto tersebut merupakan hasil manipulasi. Foto aslinya diambil pada saat Retno Marsudi memimpin ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32 yang dilakukan di Jakarta pada 3 Februari 2023. Foto ini dapat dilihat pada laman resmi Kemenlu. Video yang diunggah tersebut terdapat cuplikan pidato Presiden Joko Widodo yang juga bukan pidato pada KTT ASEAN 2023, melainkan pidato yang dilakukan pada acara Ecosperity Week 2023 yang diadakan Temasek Foundation di the Sands Expo & Convention Centre, Singapura. Dalam Pidato Pembukaan, Presiden sempat lontarkan candaan atau guyonan tentang siapa sosok yang akan memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Sontak, candaan tersebut langsung mengundang gelak tawa para hadirin di sana. Sambil terus tersenyum, Presiden Jokowi kemudian langsung meralat kata-katanya. Artikel yang diunggah pada 5 September 2023 menjelaskan tentang arti penting penyelenggaraan KTT ASEAN bagi Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada Randy W. Nandyatama. Ia mengungkapkan KTT ini penting untuk menegaskan kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara dan kawasan yang lebih luas. Selama ini Indonesia dianggap motor penggerak ASEAN. Dan oleh karenanya, penting untuk terus membuat dan memanfaatkan ASEAN sebagai medium untuk memenuhi kebutuhan nasional Indonesia, semisal mempertahankan stabilitas kawasan dan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pembangunan. Sebelumnya, KTT ASEAN 2023 berhasil digelar pada 5 – 7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi yang menyatakan Anies Baswedan gantikan Presiden Joko Widodo untuk berpidato di KTT ASEAN 2023. Gambar pratinjau, cuplikan, dan narasi yang dibacakan dalam video tidak berkaitan dengan klaim yang beredar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694083217.742492/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]:
“Geger !! Pidato presiden amburadul, Anies gantikan pidato jkw di KTT Asean 2023 di Jakarta”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Negara Politik mengunggah video dengan klaim Anies Baswedan gantikan Presiden Joko Widodo untuk berpidato pada acara KTT ASEAN 2023, karena pidato Presiden Jokowi dianggap amburadul. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang memuat foto Anies Baswedan yang sedang berbicara di depan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan forum ASEAN.

Setelah dilakukan penelusuran, foto tersebut merupakan hasil manipulasi. Foto aslinya diambil pada saat Retno Marsudi memimpin ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32 yang dilakukan di Jakarta pada 3 Februari 2023. Foto ini dapat dilihat pada laman resmi Kemenlu.

Video yang diunggah tersebut terdapat cuplikan pidato Presiden Joko Widodo yang juga bukan pidato pada KTT ASEAN 2023, melainkan pidato yang dilakukan pada acara Ecosperity Week 2023 yang diadakan Temasek Foundation di the Sands Expo & Convention Centre, Singapura.

Dalam Pidato Pembukaan, Presiden sempat lontarkan candaan atau guyonan tentang siapa sosok yang akan memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Sontak, candaan tersebut langsung mengundang gelak tawa para hadirin di sana. Sambil terus tersenyum, Presiden Jokowi kemudian langsung meralat kata-katanya.

Narasi yang dibacakan pada video juga tidak memiliki kaitan dengan klaim video. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh Liputan6 dengan judul “HEADLINE: KTT ke-43 ASEAN Digelar di Jakarta, Arti Penting bagi Indonesia?”

Artikel yang diunggah pada 5 September 2023 menjelaskan tentang arti penting penyelenggaraan KTT ASEAN bagi Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada Randy W. Nandyatama. Ia mengungkapkan KTT ini penting untuk menegaskan kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara dan kawasan yang lebih luas. Selama ini Indonesia dianggap motor penggerak ASEAN. Dan oleh karenanya, penting untuk terus membuat dan memanfaatkan ASEAN sebagai medium untuk memenuhi kebutuhan nasional Indonesia, semisal mempertahankan stabilitas kawasan dan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pembangunan.

Sebelumnya, KTT ASEAN 2023 berhasil digelar pada 5 – 7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

=====

[REFERENSI]: