[SALAH] Presiden Ukraina Menyambut Prajurit Robot

Dipublikasikan pada : 29 Aug 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, dan video telah dimanipulasi. Faktanya video asli menunjukkan bahwa Zelensky berinteraksi dengan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, bukan tentara robot. Video Zelensky bersama Rishi Sunak tersebut dibagikan melalui channel AFP News Agency pada 9 Februari 2023. Dalam deskripsi video tersebut menyebut bahwa Zelensky dan Rishi Sunak sedang mengunjungi pasukan Ukraina yang menerima pelatihan militer di sebuah kamp di Dorset, Inggris selatan. Dengan demikian, Presiden Ukraina Menyambut Prajurit Robot adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut adalah hasil rekayasa digital, video asli menunjukkan Zelensky bersama Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, di sebuah kamp tentara di Inggris selatan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/5cRPR

= = =

Narasi:

“Prajurit robot muncul di Ukraina, dan Zelensky menyapanya secara pribadi!”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Twitter menunjukkan Presiden Ukraina, Zelensky, berjalan bersama sebuah robot, dalam video tersebut terlihat Zelensky berinteraksi dengan robot tersebut. Dalam cuitan video tersebut bernarasi bahwa prajurit robot tersebut muncul di Ukraina dan Zelensky menyapanya secara pribadi.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, dan video telah dimanipulasi. Faktanya video asli menunjukkan bahwa Zelensky berinteraksi dengan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, bukan tentara robot. Video Zelensky bersama Rishi Sunak tersebut dibagikan melalui channel AFP News Agency pada 9 Februari 2023. Dalam deskripsi video tersebut menyebut bahwa Zelensky dan Rishi Sunak sedang mengunjungi pasukan Ukraina yang menerima pelatihan militer di sebuah kamp di Dorset, Inggris selatan.

Dengan demikian, Presiden Ukraina Menyambut Prajurit Robot adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

===