[SALAH] Putri Candrawati dan Sambo Dibawa ke RS Jiwa karena Mengalami Depresi

Dipublikasikan pada : 11 Mar 2023, Dibaca : 2 Kali

Ringkasan

Akun Youtube Benang Merah ((https://youtube.com/@benangmerah5232) pada tanggal 7 Maret 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Sambo dan Putri C dibawa ke rumah sakit karena mengalami stres dan depresi. Karena faktanya untuk menjaga kesehatan jiwa baik Sambo ataupun Putri Candrawati pihak rumah tahanan telah meminta bantuan untuk mendampingi mereka. Video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut, berisi potongan video persidangan Brigadir J. Salah satunya adalah kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak yang sedang memberikan keterangan. Rupanya narator hanya membacakan artikel yang berjudul “Kamaruddin Simanjuntak Sebut Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo Punya Kelainan Jiwa, Berikut Ciri-cirinya!” unggahan ayojakarta.com pada 24 November 2022 lalu. Setelah dilakukan penelusuran, diketahui isi potongan video unggahan di atas salah satunya merupakan video yang diupload kanal Youtube KOMPASTV 1 November 2022. Di sana Kamaruddin Simanjuntak mengungkapkan hambatan-hambatan selama membela keluarga Brigadir J, yaitu di antaranya beliau dibuntuti orang tak dikenal dan pihak penyidik tidak ada yang berani menerima bukti dari handphone oleh Kamaruddin. Jadi bisa dipastikan unggahan di atas merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Putri Candrawati dan Sambo mengalami depresi dan dibawa ke rumah sakit jiwa adalah konten yang tidak benar. Faktanya tidak ada fakta dan bukti yang konkrit yang menunjukkan hal tersebut benar adanya.

====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1678427373.428471/singlefile.html

====
[NARASI]: “SETRES DAN DEPRESI SAMBO DAN PUTRI C LANGSUNG DIBAWA KE RUMAH SAKIT J1W4”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Benang Merah ((https://youtube.com/@benangmerah5232) pada tanggal 7 Maret 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Sambo dan Putri C dibawa ke rumah sakit karena mengalami stres dan depresi. Karena faktanya untuk menjaga kesehatan jiwa baik Sambo ataupun Putri Candrawati pihak rumah tahanan telah meminta bantuan untuk mendampingi mereka.

Video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut, berisi potongan video persidangan Brigadir J. Salah satunya adalah kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak yang sedang memberikan keterangan. Rupanya narator hanya membacakan artikel yang berjudul “Kamaruddin Simanjuntak Sebut Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo Punya Kelainan Jiwa, Berikut Ciri-cirinya!” unggahan ayojakarta.com pada 24 November 2022 lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui isi potongan video unggahan di atas salah satunya merupakan video yang diupload kanal Youtube KOMPASTV 1 November 2022. Di sana Kamaruddin Simanjuntak mengungkapkan hambatan-hambatan selama membela keluarga Brigadir J, yaitu di antaranya beliau dibuntuti orang tak dikenal dan pihak penyidik tidak ada yang berani menerima bukti dari handphone oleh Kamaruddin. Jadi bisa dipastikan unggahan di atas merupakan konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.ayojakarta.com/news/pr-765788387/kamaruddin-simanjuntak-sebut-putri-candrawathi-dan-ferdy-sambo-punya-kelainan-jiwa-berikut-ciri-cirinya
[2] https://youtu.be/kEjQJ2ss5Bo