[SALAH] Raffi Ahmad Buka Bisnis Jualan Sprei

Dipublikasikan pada : 26 Feb 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Sebuah video yang diunggah di Tiktok pada 31 Januari 2024 lalu membagikan sebuah video yang mengklaim jika Sultan Andara yang merupakan julukan untuk Raffi Ahmad sedang membuka bisnis baru yaitu jualan sprei. Unggahan tersebut menampilkan video Raffi Ahmad yang nampak sedang berada di program Mata Najwa, terlihat Najwa Shihab dan Raffi Ahmad saling membicarakan mengenai bisnis sprei yang baru dijalankan Raffi. Namun rupanya video tersebut merupakan dua potongan video yang berbeda dan sudah diedit dengan teknologi AI sehingga suara Najwa Shihab dan Raffi Ahmad terdengar sangat mirip dengan yang aslinya. Video pertama adalah potongan ketika Najwa Shihab menyampaikan pernyataan di Mata Najwa episode Spesial HUT Transmedia: Jenaka di Negeri Opera, pada episode tersebut Raffi Ahmad tidak dihadirkan di Mata Najwa dan juga topik pembahasannya tidak ada yang menyinggung mengenai bisnis baru dari Raffi Ahmad. Kemudian video yang kedua adalah momen ketika Raffi Ahmad hadir dalam acara Mata Najwa pada 14 Januari 2021 yang lalu. Dalam episode Mata Najwa tersebut tidak ada sama sekali momen Raffi Ahmad membicarakan soal bisnis sprei, pada episode tersebut tema pembahasannya adalah mengenai vaksin covid-19 yang mana pada masa itu masih menjadi polemik di masyarakat. Melalui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika konten tersebut hanya dibuat sebagai konten parodi sebagai upaya marketing untuk mempromosikan jualan sprei mereka saja tanpa maksud untuk merugikan, namun tetap dapat berpotensi mengelabui.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan hasil editan dengan menggabungkan dua video berbeda dan diubah suaranya memakai teknologi AI supaya seakan-akan Najwa Shihab dan Raffi Ahmad membahas mengenai bisnis jualan sprei.

===========

[KATEGORI]: Konten parodi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/HBJRP (arsip)

===========

[NARASI]: “SPESIAL LOUCHING SPREI DISKON DISKON 80%

SULTAN ANDARA BIKIN GEGER WARGA”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video yang diunggah di Tiktok pada 31 Januari 2024 lalu membagikan sebuah video yang mengklaim jika Sultan Andara yang merupakan julukan untuk Raffi Ahmad sedang membuka bisnis baru yaitu jualan sprei.

Unggahan tersebut menampilkan video Raffi Ahmad yang nampak sedang berada di program Mata Najwa, terlihat Najwa Shihab dan Raffi Ahmad saling membicarakan mengenai bisnis sprei yang baru dijalankan Raffi.

Namun rupanya video tersebut merupakan dua potongan video yang berbeda dan sudah diedit dengan teknologi AI sehingga suara Najwa Shihab dan Raffi Ahmad terdengar sangat mirip dengan yang aslinya.

Video pertama adalah potongan ketika Najwa Shihab menyampaikan pernyataan di Mata Najwa episode Spesial HUT Transmedia: Jenaka di Negeri Opera, pada episode tersebut Raffi Ahmad tidak dihadirkan di Mata Najwa dan juga topik pembahasannya tidak ada yang menyinggung mengenai bisnis baru dari Raffi Ahmad.

Kemudian video yang kedua adalah momen ketika Raffi Ahmad hadir dalam acara Mata Najwa pada 14 Januari 2021 yang lalu. Dalam episode Mata Najwa tersebut tidak ada sama sekali momen Raffi Ahmad membicarakan soal bisnis sprei, pada episode tersebut tema pembahasannya adalah mengenai vaksin covid-19 yang mana pada masa itu masih menjadi polemik di masyarakat.

Melalui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika konten tersebut hanya dibuat sebagai konten parodi sebagai upaya marketing untuk mempromosikan jualan sprei mereka saja tanpa maksud untuk merugikan, namun tetap dapat berpotensi mengelabui.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=PJFLNP7-I0A

https://youtube.com/watch?v=1zI6dRlxtCA