[SALAH] “RIBUAN ORANG SAMBUT ANIES BASWEDAN DI BANDUNG”

Dipublikasikan pada : 15 Aug 2023, Dibaca : 1 Kali

Ringkasan

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kbanews.com dengan judul artikel “Berawal dari Bandung, Anies Baswedan Merangkul Anak Muda Menyongsong Perubahan”. Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Anies Baswedan yang berada di tengah kerumunan video tersebut identik dengan milik kanal Youtube CNN Indonesia dengan judul video “Safari Politik Perdana Anies Baswedan, Disambut Ribuan Warga Medan”.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1691420513.24088/singlefile.html

=====

[NARASI]: INI BARU MANT4P !!! L4UT4N M4NU51A DI B4NDUN9 ANTU51AS SAMBUT AN1E5 || TERKIN

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube POLITIK INDONESIA mengunggah video dengan klaim ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kbanews.com dengan judul artikel “Berawal dari Bandung, Anies Baswedan Merangkul Anak Muda Menyongsong Perubahan”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Anies Baswedan sedang bertemu dengan warga yang dinarasikan berada di Bandung, faktanya thumbnail tersebut identik dengan artikel milik kbanews.com dengan judul artikel “Sambut Kedatangan Anies Baswedan, Relawan Siap Anies-kan Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Anies Baswedan yang berada di tengah kerumunan video tersebut identik dengan milik kanal Youtube CNN Indonesia dengan judul video “Safari Politik Perdana Anies Baswedan, Disambut Ribuan Warga Medan”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://kbanews.com/geliat-daerah/sambut-kedatangan-anies-baswedan-relawan-siap-anies-kan-tasikmalaya-dan-ciamis-jawa-barat/
https://kbanews.com/hot-news/berawal-dari-bandung-anies-baswedan-merangkul-anak-muda-menyongsong-perubahan/
https://www.youtube.com/watch?v=Opi181Y1UfI