[SALAH] “Ridwan Kamil Bubarkan Dinas Sosial karena Mengambil Paksa Anak-anak Asuh YouTuber Pratiwi Noviyanthi”

Dipublikasikan pada : 23 Aug 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Melansir dari cekfakta.tempo.co Video-video ketika Dinas Sosial Kota Tangerang mengambil paksa anak-anak yang telah diasuh oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthi pernah diunggah ke akun Instagram @pratiwinoviyanthi_real pada 31 Juli 2023. Cuplikan lainnya dari video di atas merupakan tanggapan dari seorang netizen atas kasus penjemputan anak-anak yang telah diasuh oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthi. Video yang diunggah tersebut sama sekali tidak memperlihatkan Ridwan Kamil maupun pernyataan yang menyebut Gubernur Jawa Barat itu membubarkan Dinsos. Dengan demikian, klaim  Ridwan Kamil membubarkan Dinsos karena mengambil paksa anak-anak yang diasuh YouTuber Pratiwi Noviyanthi adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya video tersebut sama sekali tidak memperlihatkan Ridwan Kamil maupun pernyataan yang menyebut Gubernur Jawa Barat itu membubarkan Dinsos. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.ph/VYUZL

=====

[NARASI]: HEboh Kang Emil emosi saat DINSOS melawan perintah Kang Emil, resmi hari ini DINSOS dibubarkan

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Warna Warni Indonesia” dengan narasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membubarkan Dinsos karena mengambil paksa anak-anak yang diasuh YouTuber Pratiwi Noviyanthi.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Melansir dari cekfakta.tempo.co Video-video ketika Dinas Sosial Kota Tangerang mengambil paksa anak-anak yang telah diasuh oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthi pernah diunggah ke akun Instagram @pratiwinoviyanthi_real pada 31 Juli 2023.

Cuplikan lainnya dari video di atas merupakan tanggapan dari seorang netizen atas kasus penjemputan anak-anak yang telah diasuh oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthi.

Video yang diunggah tersebut sama sekali tidak memperlihatkan Ridwan Kamil maupun pernyataan yang menyebut Gubernur Jawa Barat itu membubarkan Dinsos.

Dengan demikian, klaim  Ridwan Kamil membubarkan Dinsos karena mengambil paksa anak-anak yang diasuh YouTuber Pratiwi Noviyanthi adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[RFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2416/keliru-ridwan-kamil-bubarkan-dinas-sosial-karena-ambil-paksa-anak-anak-yang-diasuh-youtuber-pratiwi-noviyanthi
https://www.instagram.com/reel/CvXCQoPPxmz/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==