[SALAH] Sambo Sujud Minta Ampun Datangi Istana Mohon Tidak Dihukum Mati

Dipublikasikan pada : 18 Feb 2023, Dibaca : 0 Kali

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak benar. Foto dalam video merupakan moment halal bihalal di Istana tahun 2019. Unggahan video berisi narasi mengenai permintaan maaf Ferdy Sambo kepada Keluarga Brigadir J.

=========
[KATEGORI]

Konten yang menyesatkan

=========
[SUMBER]

https://archive.cob.web.id/archive/1676401119.208463/screenshot.png (TikTok)

========
[NARASI]

” Divonis mati kejagung sambo datangi istana dan mohon ampun agar tak dieksekusi mati”

==========
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video TikTok yang mengklaim Ferdy Sambo sujud di istana meminta ampun agar tidak dieksekusi mati. Faktanya, unggahan itu salah. Foto yang ditampilkan dalam video merupakan momen lebaran 2019 di Istana.

Dilansir dari detik.com, pada lebaran 2019 istana mengadakan halalbihalal yang memperbolehkan warga mendatangi istana. Salah seorang warga sujud di hadapan Jokowi saat momen tersebut. Foto itu diabadikan oleh jurnalis Antara, Puspa Perwitasari.

Selain itu, konten dalam video tidak sesuai dengan klaim pada judul. Narasi video menjelaskan tentang permintaan maaf Ferdy Sambo kepada keluarga Brigadir J. Narasi itu dikutip dari dua sumber yaitu kompas.tv dan tribunnews.com yang dinarasikan ulang.

Dengan demikian, klaim Ferdy Sambo mendatangi istana bersujud memohon agar tidak dieksekusi mati adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=========
[REFERENSI]

https://news.detik.com/foto-news/d-4577206/halalbihalal-di-istana-warga-antre-salaman-hingga-sujud-depan-jokowi/3

https://www.kompas.tv/article/335766/permintaan-maaf-sambo-ditolak-keluarga-yosua-sudah-terlambat

https://medan.tribunnews.com/2022/10/07/sombongnya-ferdy-sambo-lebih-3-bulan-baru-minta-maaf-keluarga-yosua-menolak-merasa-disepelekan