[SALAH] Seluruh Kematian di US, 1% Karena Covid 19

Dipublikasikan pada : 21 Sep 2023, Dibaca : 0 Kali

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak lengkap. Berdasarkan artikel asli dailymail.co.uk, dijelaskan bahwa data tersebut merupakan data mingguan statistik angka kematian di Amerika Serikat dalam rentang tanggal 13 sampai 19 Agustus 2023. Sebelumnya, dailymail menuliskan klaim seperti pada tangkapan layar di Twitter. Namun pihaknya telah mengkonfirmasikan adanya perubahan isi berita.

==============
[KATEGORI]
Konteks yang salah 

==============
[SUMBER] 

Twitter/ X 
https://archive.cob.web.id/archive/1693460410.782402/index.html

=============== 
[NARASI]
“Opss! Data CDC menunjukkan bahwa 99% ‘kematian akibat Covid’ bukan disebabkan oleh virus. 
Berita ini mengingatkan saya kepada stempel penyebar hoax oleh kemenkes dan kominfo” 

=============== 
[PENJELASAN]  
Sebuah akun Twitter @yo2thok mengunggah tangkapan layar dari artikel dailymail.co.uk yang berjudul “99% of ‘Covid deaths’ not primarily caused by the virus, CDC data shows (terjemahan : Data CDC menunjukkan bahwa 99% ‘kematian akibat Covid’ bukan disebabkan oleh virus.” Ia memberikan keterangan tambahan yang menegaskan bahwa di 99% kematian di Amerika bukan karena Covid.  

Faktanya, dalam artikel dailymail disebutkan data yang dituliskan berasal dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dalam rentang tanggal 13 sampai 19 Agustus 2023. CDC menunjukkan 324 kematian akibat Covid tercatat dalam pekan yang berakhir 19 Agustus. Hanya 1,7 persen dari keseluruhan kematian pada minggu itu. 

Sebelumnya, dailymail menuliskan klaim seperti pada tangkapan layar di Twitter. Namun pihaknya telah mengkonfirmasikan adanya perubahan isi berita.

“Catatan kaki di bagian bawah pelacak data Covid CDC menjelaskan persentase seluruh kematian yang dilaporkan yang dikaitkan dengan Covid-19 dihitung berdasarkan jumlah kematian karena semua penyebab.  Kami telah mengubah artikel untuk mencerminkan hal ini.”

Dengan demikian, klaim seluruh kematian di US 1% Karena Covid 19 adalah tidak benar. Informasi tersebut tidak lengkap sehingga tergolong dalam kategori konteks yang salah. 

============ 
[REFERENSI] 
https://www.dailymail.co.uk/health/article-12453329/Covid-blame-just-1-weekly-deaths-causes.html

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/26/kematian-karena-covid-19-di-amerika-seminggu-176-jiwa-tertinggi-di-amerika-serikat