[SALAH] Tangkapan Layar Pembaruan Aplikasi Peduli Lindungi

Dipublikasikan pada : 08 Feb 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Akun autobase Twitter @convomfs mengunggah cuitan dengan lampiran tangkapan layar yang diklaim merupakan pembaruan Aplikasi Peduli Lindungi. Cuitan dalam akun autobase ini berasal dari Direct Message yang dikirimkan pengikut akun @convomfs dan secara otomatis menjadi cuitan yang bersifat anonim. Dalam tangkapan layar tersebut, logo Aplikasi Peduli Lindungi berwarna merah dengan keterangan pembaruan sebagai berikut: 1. Early detection of Cordyceps fungus infection (deteksi dini infeksi Cordyceps fungus)2. Screening for hospitalized patient of Cordyceps fungus infection (pemantauan pasien yang dirawat akibat Cordyceps fungus)3. Emergency call to nearest hospital (Panggilan darurat ke rumah sakit terdekat)4. Please stay at home and do emergency call if you feeling unwell or have bitten by someone (Mohon untuk tetap di rumah dan lakukan panggilan darurat apabila Anda sakit dan tergigit oleh orang lain) Diketahui, infeksi Cordyceps fungus merupakan bagian cerita dari series “The Last of Us” yang ditayangkan oleh HBO. Series ini menceritakan mengenai infeksi masal jamur Cordyceps yang menyebabkan manusia menjadi zombie. Selain itu, hasil penelusuran melalui Google Play saat ini Aplikasi Peduli Lindungi tidak mengalami perubahan warna logo seperti yang terdapat pada tangkapan layar yang beredar. Logo aplikasi ini berwarna biru dengan keterangan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Aplikasi Peduli Lindungi tidak mengalami perubahan warna logo dan pembaruan seperti yang terdapat pada tangkapan layar yang beredar.

=====

[KATEGORI]: Parodi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1675503384.126941/singlefile.html (Twitter)

=====

[NARASI]: “:thought_balloon: poin ke 4 :joy:

=====

[PENJELASAN]:

Akun autobase Twitter @convomfs mengunggah cuitan dengan lampiran tangkapan layar yang diklaim merupakan pembaruan Aplikasi Peduli Lindungi. Cuitan dalam akun autobase ini berasal dari Direct Message yang dikirimkan pengikut akun @convomfs dan secara otomatis menjadi cuitan yang bersifat anonim.

Dalam tangkapan layar tersebut, logo Aplikasi Peduli Lindungi berwarna merah dengan keterangan pembaruan sebagai berikut:

1. Early detection of Cordyceps fungus infection (deteksi dini infeksi Cordyceps fungus)
2. Screening for hospitalized patient of Cordyceps fungus infection (pemantauan pasien yang dirawat akibat Cordyceps fungus)
3. Emergency call to nearest hospital (Panggilan darurat ke rumah sakit terdekat)
4. Please stay at home and do emergency call if you feeling unwell or have bitten by someone (Mohon untuk tetap di rumah dan lakukan panggilan darurat apabila Anda sakit dan tergigit oleh orang lain)

Diketahui, infeksi Cordyceps fungus merupakan bagian cerita dari series “The Last of Us” yang ditayangkan oleh HBO. Series ini menceritakan mengenai infeksi masal jamur Cordyceps yang menyebabkan manusia menjadi zombie.

Selain itu, hasil penelusuran melalui Google Play saat ini Aplikasi Peduli Lindungi tidak mengalami perubahan warna logo seperti yang terdapat pada tangkapan layar yang beredar. Logo aplikasi ini berwarna biru dengan keterangan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

=====

[REFERENSI]:

– https://en.wikipedia.org/wiki/The_Last_of_Us_(TV_series)
– https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare&hl=en&gl=US&pli=1