[SALAH]: Vaksin COVID-19 picu Kanker Turbo

Dipublikasikan pada : 06 Jun 2024, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Faktanya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam pembaruan informasinya pada 13 Juli 2023 menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak meningkatkan risiko penyakit yang mematikan. Klaim yang mengaitkan vaksin Covid-19 dengan “kanker turbo” sebelumnya telah menyebar di luar negeri. Menurut laporan cek fakta AFP pada 21 Juli 2023, para ahli yang diwawancarai menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara vaksinasi Covid-19 dan kanker dalam literatur ilmiah. Klaim tersebut didasarkan pada riset percobaan pada tikus, di mana hanya satu tikus yang memiliki tumor. Dengan demikian klaim vaksin Covid-19 dapat mengakibatkan kanker turbo tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim bahwa vaksin Covid-19 bisa menyebabkan “kanker turbo” adalah menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang mendukung tuduhan yang disebarkan oleh kelompok anti vaksin tersebut. Contoh kasus yang disertakan dalam unggahan itu adalah kasus kanker darah yang tidak ada hubungannya dengan vaksin yang sebelumnya diterima oleh pasien. Selain itu, sumber informasi lain yang digunakan dalam tuduhan tersebut juga telah terbukti tidak benar.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/NV55-HDPP

====

[NARASI]: Pakar medis peringatkan vaksin Covid mungkin memicu turbo kanker

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim di media sosial bahwa vaksin Covid-19 dapat memicu Kanker Turbo. Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam pembaruan informasinya pada 13 Juli 2023 menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak meningkatkan risiko penyakit yang mematikan.

Klaim yang mengaitkan vaksin Covid-19 dengan “kanker turbo” sebelumnya telah menyebar di luar negeri. Menurut laporan cek fakta AFP pada 21 Juli 2023, para ahli yang diwawancarai menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara vaksinasi Covid-19 dan kanker dalam literatur ilmiah. Klaim tersebut didasarkan pada riset percobaan pada tikus, di mana hanya satu tikus yang memiliki tumor.

Dengan demikian klaim vaksin Covid-19 dapat mengakibatkan kanker turbo tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/safety/adverse-events.html

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33PC3M3