[SALAH] Video “MENGENASKAN ! IBU PUTRI LANGSUNG SYOK BACA WASIAT SAMBO SEBELUM ‘MENINGGAL'”

Dipublikasikan pada : 01 Nov 2022, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1] View this post on Instagram A post shared by Aribowo Sasmito (@aribowosasmito) A post shared by Aribowo Sasmito (@aribowosasmito) SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan selain menggunakan judul umpan klik (click bait) dan foto pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN yang TIDAK berkaitan dengan peristiwa, sebenarnya hanya berisi pembacaan isi artikel. Verifikasi Video Sumber foto yang disunting untuk gambar pratinjau, Liputan 6 pada 16 Des 2021: “Selebgram Edelenyi Laura Anna meninggal dunia pada 15 Desember 2021 di Eka Hospital, Cibubur, Jakarta.” (Gambar ke 3 di Galeri Foto) [2] Referensi Lainnya yang Berkaitan Artikel yang dibacakan di video, HerStory: “HerStory, Jakarta — Irjen Pol Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Ia diancam hukuman penjara 20 tahun hingga hukuman mati. Namun, hingga saat ini belum digelar persidangan untuk putusan.” [3] REFERENSI [1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan). [2] liputan6.com: “FOTO: Momen Haru Upacara Tutup Peti Jenazah Laura Anna”, https://bit.ly/3gOhBfl / https://bit.ly/3DudvAZ (arsip cadangan). [3] herstory.co.id: “Dijatuhi Hukuman Mati, Ferdy Sambo Tulis Pesan Terakhir di Secarik Kertas untuk Putri Candrawathi? Isinya…”, https://bit.ly/3sOx5CW / https://archive.ph/6OEor (arsip cadangan).

MENYESATKAN. FAKTA: selain menggunakan judul umpan klik (click bait) dan foto pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN yang TIDAK berkaitan dengan peristiwa, sebenarnya video hanya berisi pembacaan isi artikel.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/CBz5h (arsip cadangan).

NARASI: * “MENGENASKAN ! IBU PUTRI LANGSUNG SYOK BACA WASIAT SAMBO SEBELUM ‘MENINGGAL'” (di video).

* “MENG3N4SKAN ! J3RIT4N TANGIS IBU PUTRI PEC4H,
SAAT M3MB4CA W4SIAT T3R4KHIR SAMBO SEBELUM M3N1NG6AL” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan selain menggunakan judul umpan klik (click bait) dan foto pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN yang TIDAK berkaitan dengan peristiwa, sebenarnya hanya berisi pembacaan isi artikel.

Verifikasi Video

Sumber foto yang disunting untuk gambar pratinjau, Liputan 6 pada 16 Des 2021: “Selebgram Edelenyi Laura Anna meninggal dunia pada 15 Desember 2021 di Eka Hospital, Cibubur, Jakarta.” (Gambar ke 3 di Galeri Foto) [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel yang dibacakan di video, HerStory: “HerStory, Jakarta — Irjen Pol Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Ia diancam hukuman penjara 20 tahun hingga hukuman mati. Namun, hingga saat ini belum digelar persidangan untuk putusan.” [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] liputan6.com: “FOTO: Momen Haru Upacara Tutup Peti Jenazah Laura Anna”, https://bit.ly/3gOhBfl / https://bit.ly/3DudvAZ (arsip cadangan).

[3] herstory.co.id: “Dijatuhi Hukuman Mati, Ferdy Sambo Tulis Pesan Terakhir di Secarik Kertas untuk Putri Candrawathi? Isinya…”, https://bit.ly/3sOx5CW / https://archive.ph/6OEor (arsip cadangan).