[SALAH] Video “Viral!! Mahfud MD Bongkar Kasus Suap Dibalik Sidang Ferdy Sambo”

Dipublikasikan pada : 31 Jan 2023, Dibaca : 0 Kali

Ringkasan

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya tidak ada pemberitaan valid yang menyebut bahwa Mahfud MD telah membongkar kasus suap dibalik persidangan Ferdy Sambo, kendati demikian Mahfud MD pernah mengatakan bahwa ada upaya dalam memengaruhi vonis pengadilan terhadap terdakwa Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Hasil penelusuran dari foto yang digunakan dalam thumbnail tersebut diambil oleh seorang jurnalis fotografi, Indrianto Eko Suwarso, yang dipublikasikan untuk foto berita AntaraNews. Foto tersebut diambil ketika Mahfud MD memaparkan dugaan kasus suap yang dilakukan Gubernur Papua Lukas Enembe. Dengan demikian, Mahfud MD Bongkar Kasus Suap Dibalik Sidang Ferdy Sambo adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya Mahfud MD tidak pernah menyatakan telah membongkar kasus suap dibalik persidangan dalam perkara yang sedang dijalankan oleh Ferdy Sambo. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/4FP2-3DMP

= = =

Narasi:

“Viral!! Mahfud MD B0ngk4r K4sus Su4p Dibalik Sid4ang Ferdy Sambo”

“ADA AMPLOP TERSELUBUNG, MAHFUD MD TUNTUT KERAS SIDANG VONIS SAMBO”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video melalui Facebook dengan judul yang mengklaim bahwa Mahfud MD telah membongkar kasus suap dibalik sidang Ferdy Sambo. Thumbnail dari video tersebut menunjukkan Mahfud MD beserta jajarannya seperti sedang melakukan konferensi pers, dengan menyematkan narasi adanya amplop terselubung.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya tidak ada pemberitaan valid yang menyebut bahwa Mahfud MD telah membongkar kasus suap dibalik persidangan Ferdy Sambo, kendati demikian Mahfud MD pernah mengatakan bahwa ada upaya dalam memengaruhi vonis pengadilan terhadap terdakwa Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Hasil penelusuran dari foto yang digunakan dalam thumbnail tersebut diambil oleh seorang jurnalis fotografi, Indrianto Eko Suwarso, yang dipublikasikan untuk foto berita AntaraNews. Foto tersebut diambil ketika Mahfud MD memaparkan dugaan kasus suap yang dilakukan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Selain itu, narator dalam video tersebut tidak ada yang menyatakan bahwa Mahfud MD membongkar kasus suap dibalik persidangan seperti yang sudah disebutkan dalam judul dan thumbnail video. Hasil penelusuran Kompas.com, narator dalam video tersebut hanya membacakan narasi dalam artikel yang dipublikasi oleh AyoJakarta.com yang membahas terkait prediksi Mahfud MD mengenai vonis yang dijatuhkan terhadap Bharada E.

Dengan demikian, Mahfud MD Bongkar Kasus Suap Dibalik Sidang Ferdy Sambo adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/26/230100682/-hoaks-mahfud-bongkar-suap-terkait-sidang-kasus-ferdy-sambo?page=all#page2

https://sumsel.antaranews.com/berita/673953/menkopolhukam-tegaskan-kasus-dugaan-korupsi-gubernur-papua-bukan-rekayasa-politik

https://www.ayojakarta.com/metropolitan/pr-766778645/prediksi-mahfud-md-soal-bharada-e-divonis-bebas-meleset-singgung-jasa-jasanya-selama-di-persidangan?page=2

===